Pentingnya Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Kasus Kekerasan Seksual

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Kasus kekerasan seksual pada perempuan menjadi ancaman yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Mirisnya, kasus ini pun semakin marak terjadi. Menanggapi hal ini, Psikolog Diah Utaminingsih mengungkapkan bahwa peran orangtua sangat penting dalam upaya pencegahan kasus kekerasan seksual. Hal ini menurutnya harus diterapkan sejak dini. Orang tua diminta mempunyai waktu berbicara kepada anak meskipun itu hanya satu jam.

Orang tua menurut Diah, harus bisa menunggu anak selesai bicara, jangan berbicara dengan nada tinggi ketika anak melakukan kesalahan. Di zaman teknologi seperti ini, peran otang tua bukan membatasi keingintahuan anak tapi pengawasan yang lebih penting.

Orang tua menurut Diah, berperan penting dalam mengawasi pergaulan anak, dengan memberikan contoh hal-hal yang memang diluar norma keagamaan. Terakhir, Diah Utamningsih menganjurkan agar anak diajarkan melindungi diri dan mengenali bagian tubuh mana yang dilarang keras untuk diakses atau dipegang orang lain untuk menghindari pelecehan atau eksploitasi terhadap anak usia dini. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.