Lampung Perlu Dibangun Sistem Kesehatan Yang Tahan Perubahan Iklim

oleh -0 Dilihat
IMG 20220726 102301 1
Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim

Bandar Lampung – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengatakan bahwa perlu dibangun sistem kesehatan yang tahan akan perubahan iklim di daerah setempat.

“Perubahan iklim sangatlah berdampak terhadap kesehatan seperti akan berpengaruh kepada kesehatan jiwa, munculnya penyakit infeksi, penyakit saluran nafas, alergi dan banyak lainnya,” ujar dia di Bandar Lampung, Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan untuk mencegah adanya dampak gangguan kesehatan akibat adanya perubahan iklim, maka perlu dibangun sistem kesehatan yang tahan akan perubahan iklim di Lampung.

“Untuk itu kita perlu membangun sistem kesehatan yang tahan iklim, yang mana begitu banyak unsur harus diperhatikan untuk mewujudkannya,” katanya.

Dia menjelaskan dalam mewujudkan sistem kesehatan itu terdapat enam bagian utama yaitu pertama kepemimpinan dan tata kelola.

Kedua adanya sumber daya manusia (SDM) kesehatan, lalu ada sistem informasi kesehatan yang sistematis, keempat teknologi dan produk kesehatan, lalu adanya pelayanan kesehatan, serta adanya pendanaan yang mumpuni.

“Adanya sistem kesehatan yang tahan akan iklim juga harus di lengkapi dengan aksi penurunan emisi gas rumah kaca oleh semua pihak,” ucapnya.

Menurut dia, semua harus berkolaborasi menurunkan gas rumah kaca dan mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh beragam aktivitas manusia.

“Membangun sistem kesehatan yang tahan iklim dan mengurangi kerusakan lingkungan harus dilakukan bersama-sama. Sebab dampak dari perubahan iklim ini cukup besar seperti kehilangan potensi pemenuhan kebutuhan hidup dasar di antaranya yaitu air bersih yang layak konsumsi, dan pangan sebanyak 2,87 persen dari PDB,” ucapnya.

Ia mengharapkan dengan membangun sistem kesehatan yang tahan akan iklim serta mengurangi kerusakan lingkungan dapat membantu menciptakan masyarakat yang sehat dan ekosistem yang terjaga.

“Semua harus berkolaborasi dan berkomitmen mendukung serta menciptakan ini,” tambahnya. (Red, DN)

Baca : Sah!! DPR RI Setujui RUU Perlindungan Data Pribadi Menjadi UU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.