Wagub : Edukasi Jaga Lingkungan Harus Dilakukan Sejak Dini

oleh -0 Dilihat
IMG 20220726 102301 1
Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim

Bandar Lampung – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Cusnunia Chalim  meminta edukasi untuk selalu menjaga lingkungan dapat dilakukan sejak dini.

“Diharapkan agar edukasi untuk menjaga lingkungan ditanamkan sejak dini kepada anak-anak mulai dari pendidikan usia dini di PAUD hingga sekolah dasar,” ujar Chusnunia Chalim, di Bandar Lampung, Sabtu (17/9/2022).

Ia mengatakan, hal tersebut bertujuan  memperkenalkan beragam cara untuk melakukan pengelolaan sampah dan menjaga lingkungan.

“Dalam pengelolaan sampai ini ada konsep 3R yaitu reduce, reuse, recycle sebagai upaya mengolah sampah secara global sebelum sampah menumpuk ini bisa diedukasi juga,” katanya.

Dia menjelaskan, masyarakat juga diharapkan dapat turut serta berperan aktif dalam mengelola dan menjaga lingkungan agar dapat terus bermanfaat bagi generasi ke depan.

“Pengelolaan itu telah dilakukan contohnya di Kabupaten Pringsewu, dengan adanya tempat penampungan sampah 3R dan ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan sampah,” ucap dia.

Menurut dia, dari pengolahan sampah yang dilakukan oleh tempat pengelolaan sampah itu dapat menghasilkan beragam karya daur ulang.

“Sampah kalau dapat dikelola dengan baik dapat menghasilkan beragam barang seperti bean bag, bantal yang isinya dari bahan daur ulang, serta kerajinan tangan lainnya. Bahkan ada juga yang memproduksi pupuk jenis kompos dari sampah ini,” kata dia pula.

Diketahui Pemerintah Provinsi Lampung kini tengah mengintensifkan dan mengaktifkan peranan bank sampah dalam pengelolaan sampah domestik di daerahnya.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung jumlah total bank sampah yang aktif di daerah itu ada 27 yang terinci berasal dari Kota Bandarlampung 2 unit, Metro 1 unit, Kabupaten Pringsewu 1 unit, Lampung Tengah 1 unit, Lampung Timur 1 unit, Tanggamus 8 unit, Pesawaran 5 unit, Lampung Selatan 3 unit, dan Tulang Bawang Barat 5 unit.

Dan total sampah yang dihasilkan di Provinsi Lampung pada 2021 berjumlah 1,64 juta ton. Dengan jumlah sampah yang dihasilkan per orang adalah 0,5 ons.

Untuk jumlah sampah plastik mencapai 1.102 ton per hari atau dapat mencapai 402.428 ton per tahun.(Red, DN)

Baca : Oknum Polisi Tembak Polisi Di Lampung Jalani Upacara PTDH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.