RSUD Abdul Moeloek Lampung Sudah Lakukan Booster Kedua Nakes

oleh -0 Dilihat
RSUD Abdul Moeloek Lampung Sudah Lakukan Booster Kedua Nakes
RSUDAM Lampung telah melakukan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di fasilitas kesehatan itu.

Bandarlampung- Rumah Sakit Umum Daerah Dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung telah melakukan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di fasilitas kesehatan itu.

“Vaksinasi booster kedua bagi nakes sudah diperintahkan oleh pemerintah pusat dimulai 29 Juli, dan di RSUDAM sudah mulai dilaksanakan pula,” ujar Direktur RSUDAM Lampung dr Lukman Pura, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi booster kedua bagi nakes menggunakan persediaan vaksin COVID-19 yang ada.

“Jadi memang dalam pelaksanaannya telah didiskusikan dengan Dinas Kesehatan bahwa vaksin yang masih ada di sentra pelayanan seperti di rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan akan dipakai untuk booster kedua tenaga kesehatan sambil menunggu tambahan vaksin berikutnya,” ucapnya.

Dia menjelaskan vaksinasi booster kedua itu akan menyasar semua tenaga kesehatan. Dengan sasaran prioritas yakni di lini pelayanan terdepan, seperti perawat, dokter, tenaga pendukung.

“Vaksinasi booster kedua ini sudah dimulai jadi tidak ada acara seremoni langsung saja berjalan booster keduanya bagi nakes sebab ini untuk memberi perlindungan kepada mereka,” ujar dia.

Ia melanjutkan dalam vaksinasi booster kedua ini, jarak yang dipersyaratkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu enam bulan setelah pelaksanaan vaksinasi booster pertama.

“Booster kedua ini setelah enam bulan dari sebelumnya. Kalau untuk booster selanjutnya masih kami lihat survei serologi atau survei untuk melihat proteksi hasil dari booster vaksinasi oleh Kementerian Kesehatan,” katanya lagi.

Menurut dia, bila dalam vaksinasi ditemukan pasien yang belum melakukan vaksinasi kedua, maka vaksin tersebut juga bisa diperuntukkan bagi pasien yang belum melaksanakan vaksinasi lengkap.

“Dalam pelaksanaannya jika ditemukan ada pasien yang belum ikut vaksinasi lengkap seperti baru dosis satu, maka vaksinasi bisa diberikan kepada mereka juga, sebab tujuannya adalah mempercepat cakupan vaksinasi,” tambahnya.

Berdasarkan data terakhir jumlah nakes di RSUDAM Lampung sebanyak 1.389 orang. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.