Maling Motor Merajalela, Ini Tips Agar Sepeda Motor Aman

oleh -10 Dilihat
Maling Motor Merajalela, Ini Tips Agar Sepeda Motor Aman
Tips mencegah agar motor aman dari maling

Diskursusnetwork- Belakangan ini, aksi pencurian sepeda motor semakin merajalela. Tak hanya di pemukiman padat penduduk, kompleks perumahan dengan penjagaan maksimal juga beberapa kali kebobolan oleh pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Umumnya para pencuri melakukan aksinya ketika melihat ada kesempatan dan pemiliknya lengah. Biasanya para pelaku memilih sasaran paling mudah dimana mereka bisa dengan cepat melancarkan aksinya.

Kelengahan memang menjadi faktor dominan dimana pemilik sepeda motor merasa aman dengan situasi. Kondisi ini biasa terjadi ketika Anda sedang terburu-buru membeli sesuatu ke minimarket.

Berikut ini tips untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor:

1. Kunci setang ke kanan
Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi. Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci, sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

2. Cabut Capacitor Discharge Ignition (CDI)
CDI adalah alat yang berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator. Pada motor-motor skutik yang masih mengadopsi sistem karburator, letak CDI biasanya mudah dijangkau. Biasanya dipasang di bawah bagasi, contohnya Honda Beat. Saat komponen ini dicabut, mesin motor dipastikan tidak akan bisa menyala.

3. Parkir di posisi terdalam
Cara ini dinilai bisa menyulitkan maling ketika ingin meluncurkan aksinya. Karena saat terhalang motor lain, maling pasti akan berpikir dua kali untuk mengambil motor incarannya.

4. Pasang perangkat tambahan
Saat ini sudah banyak tersedia dipasaran kunci pengaman tambahan. Salah satunya adalah gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang pada motor selain matik. Perangkat tambahan yang disarankan adalah gembok cakram.

5.Pasang Keyless Ignition System
Dengan memasang keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 meter. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.