Pembelian Pertalite dan Solar Subsidi Dibatasi, Begini Cara Belinya!

oleh -6 Dilihat
Pembalian Pertalite dan Solar subsidi dibatasi
Pembalian Pertalite dan Solar subsidi dibatasi

Jakarta– Pembelian Pertalite dan Solar subsidi akan dibatasi. Nantinya pembeli wajib menggunakan aplikasi MyPertamina dan melakukan scan QR Code saat membeli BBM subsidi.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, semua konsumen yang membeli BBM subsidi harus registrasi di MyPertamina.

“Jadi nanti akan ada identifikasi konsumen pengguna. Bentuknya tidak akan ditempel, tapi nanti ada QR code seperti PeduliLindungi, jadi nanti belinya harus tunjukkan QR code,” ujar Erika dalam rapat kerja bersama Komisi VII, dikutip Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, mungkin akan ada kendala penerapan rencana ini seperti masalah jaringan, lalu kepemilikan ponsel yang memadai terutama di daerah pelosok. Pihaknya mengaku akan mencari jalan keluar untuk hal ini.

“Mungkin nanti akan kembali seperti memasukkan nomor polisi, jadi upaya kami meningkatkan pengawasan dan agar tepat sasaran kami kerjakan, tapi tentunya ini tidak seperti membalikkan telapak tangan,” kata dia.

Erika bilang, implementasi aturan ini masih menanti usulan revisi Perpres Nomor 191 tahun 2014 agar selesai terlebih dulu. Perpres ini yang akan mengatur bagaimana pembelian Pertalite dan Solar subsidi akan diterapkan.

Seiring dengan melonjaknya minyak global, Pertamina terpaksa menyesuaikan harga BBM di dalam negeri. Untuk memastikan kecukupan pasokan dan distribusi BBM bersubsidi yang tepat sasaran, Pemerintah dan Pertamina berencana untuk mengimplementasikan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi Pertalite, serta menerapkan aplikasi MyPertamina untuk memverifikasi apakah pengguna berhak membeli BBM bersubsidi.  (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.