Disdikbud Metro Pastikan PPDB SD Hingga SMP Berjalan Transparan

oleh -38 Dilihat
Disdikbud Metro pastikan PPDB berjalan transparan
Disdikbud Kota Metro, Lampung memastikan PPDB untuk jenjang SD dan SMP berjalan secara transparan.

Metro– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Lampung memastikan penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di kota setempat berjalan secara transparan.

“PPDB nanti pendaftarannya akan menggunakan aplikasi jadi orang tua bisa mendampingi anaknya mendaftar melalui aplikasi ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Suwandi, di Metro.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan database Disdikbud dan langsung terpantau oleh dinas maupun tim pengawas pendaftaran.

“Melalui sistem ini berjalannya PPDB akan berlangsung secara transparan karena semua terpantau,” ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya jual beli bangku sekolah atau adanya siswa titipan pada PPDB tahun 2022 ini.

“Proses pendaftarannya memang sudah sesuai sistem dan kami juga akan melakukan pengawasan secara detail. Sehingga tidak ada lagi praktek jual beli bangku sekolah,” ucapnya.

Dia melanjutkan, PPDB tahun 2022 menggunakan empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, prestasi dan jalur perpindahan orang tua dengan melampirkan surat tugas.

Diketahui, PPBD Kota Metro tingkat SD tahun ajaran 2022-2023 dijadwalkan akan mulai dibuka pada 21-27 Juni 2022m sementara untuk jenjang SMP berlangsung dari tanggal 29 Juni hingga 4 Juli 2022.

Sebagai informasi, Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang biasa disingkat sebagai PPDB merupakan salah satu metode pendaftaran sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat dengan menggunakan sistem khusus yang dirancang oleh pemerintah agar dapat mempermudah calon peserta didik baru untuk mendaftar ke jenjang pendidikan berikutnya.

(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.