Tersandung Kasus Bansos, Buronan Internasional Mitsuhiro ditangkap di Lampung Tengah

oleh -15 Dilihat
Buronan internasional Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di Lampung Tengah
Buronan internasional Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di Lampung Tengah (foto: liputan6.com)

Bandarlampung- Buronan internasional Mitsuhiro Taniguchi, pria Jepang yang menjadi buron karena kasus penipuan bansos COVID-19 yang dilakukan di negaranya ditangkap di Lampung Tengah.

Melansir dari Asahi Shimbun, Mitsuhiro Taniguchi melakukan tindak penipuan agar mendapatkan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19. Ia mengajukan permohonan dana untuk usaha kecilnya.

Mitsuhiro ternyata sudah berada di Indonesia sejak Oktober 2020. Ia melarikan diri ke Indonesia dan meminta temannya untuk mencarikan kenalan yang sukses menjalankan bisnis di Indonesia. Tujuannya agar bisa mendapatkan uang untuk menyelesaikan kasusnya.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, Imigrasi Jepang yang mencabut paspor Mitsuhiro Tanaguchi membuat pencarian lebih mudah. Keberadaannya di Indonsia pun akhirnya terlacak secara otomatis.

“Mengapa yang bersangkutan bisa diamankan? Karena dari pemerintah Jepang sudah mencabut paspor yang bersangkutan. Otomatis pergerakan daripada buronan tersebut terdeteksi di imigrasi yang ada di Indonesia, yaitu berada di wilayah Lampung Tengah,” kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko, di kantornya, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022) dikutip dari kompas.com.

Mitsuhiro Ditangkap di Lampung Tengah

Setelah keberadaan Mitsuhiro diketahui, pihak Polda Lampung dan Kepolisian Lampung Tengah langsung mencari keberadaan pria tersebut. Mitsuhiro ditangkap pada Selasa (8/6/2022) malam menjelang dini hari di daerah Kali Anget, Lampung Tengah.

Pria Jepang ini diketahui pernah menumpang di rumah seorang guru di Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah.

“Kemudian dari pihak kepolisian Lampung Tengah dan Polda Lampung mengamankan yang bersangkutan setelah mendapatkan hasil atau informasi bahwa yang bersangkutan passport-nya dinyatakan sudah tidak berlaku dan berada di Kali Anget daerah Lampung Tengah,” papar Kombes Gatot.

Setelah ditangkap, buronan internasional ini dibawa ke Imigrasi Jakarta untuk segera dideportasi.

Dikabarkan, mantan istri Mitsuhiro bernama Rie Taniguchi ditangkap kepolisian Tokyo karena dicurigai atas tindak penipuan. Kedua anak mereka, Daiki dan seorang putra kedua juga ditangkap atas kasus yang sama. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.