Jemaah Haji Wajib Memiliki Aplikasi PeduliLindungi

oleh -93 Dilihat
WhatsApp Image 2022 05 30 at 16.34.52
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs, H. M. Ansori., M.Kom.I

Bandar Lampung – Arab Saudi telah membuka kembali pintu pelaksanaan haji 2022 bagi jamaah luar negeri. Meski demikian, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi antara lain pembatasan usia dan vaksinasi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs, H. M. Ansori., M.Kom.I, mengatakan vaksinasi menjadi syarat wajib bagi jemaah haji tahun 2022.

“Bagi yang telah vaksinasi jemaah haji harus menunjukannya melalui aplikasi PeduliLindungi.id, sebagai bukti telah vaksinasi,” kata Ansori saat ditemui usai rapat koordinasi persiapan haji di Bandar Lampung, Sabtu (30/5/2022).

Dia mengatakan, setiap jemaah haji wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi.id, ketentuan ini berlaku seiring dengan peraturan Kemenkes yang mengingatkan jemaah untuk mendownload sertifikat vaksin internasional melalui aplikasi PeduliLindungi.

Pihaknya pun telah mendapatkan aturan ini dari kementerian kesehatan, sehingga jemaah haji sudah harus mempersiapkannya.

“Jika mengaku sudah vaksin tapi tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi.id, bagaimana menunjukan bukti bahwa sudah vaksin,” ungkapnya.

Diketahui pula, bahwa di negara Arab Saudi aplikasi PeduliLindungi tidak akan digunakan, melainkan aplikasi Tawakalna.

Untuk Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna) melalui aplikasi PeduliLindungi. Pasalnya, dalam melakukan ibadah umroh atau haji tahun ini masih dalam kondisi situasi Pandemi Covid-19.

Bagi yang tidak memiliki aplikasi Tawakalna saat melaksanakan ibadah umroh, akan kesulitan melakukan aktivitas diluar ruangan, seperti ke masjid Nabawi atau ditempat umum lainnya. Namun, aplikasi Tawakalna bisa anda akses ketika anda telah berada di Arab Saudi.

Terkait prokes, pihak Arab Saudi tidak mewajibkan penggunaan masket dan solat berjarak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga jemaah yang masih harus pakai karena debu.

Protokol kesehatan wajib untuk jamaah haji tahun 2022, terutama yang berangkat sudah melalui berbagai tahap kesehatan seperti vaksin, viciar, atau hal lainnya. Seperti diketahui dalam info haji 2022 terbaru, Kerajaan Arab Saudi telah memberikan kuota sebanyak 100.051 jemaah yang merupakan kuota haji reguler dan khusus.

Pada musim haji tahun 2022 Kemenang Lampung memperoleh kuota haji sebesar 3.198 orang untuk calon jemaah tahun berjalan, di tambah dengan kuota petugas haji daerah yang diseleksi ada 16 orang.(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.