Gempa Magnitundo Berkekuatan 5,1 SR, Guncang Pesisir Barat Lampung

oleh -76 Dilihat
WhatsApp Image 2022 05 25 at 05.21.46
Gempa Bumi di Pesisir Barat

Bandar Lampung – Gempa bumi magnitudo 5,1 SR mengguncang Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada pukul 04.18, Rabu (25/5/2022).

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,76° LS ; 103,73° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 Km arah Selatan Kota Krui, Lampung pada kedalaman 57 km.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dilansir dari laman resmi BMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun geser,” ungkapnya.

Dampak Gempa bumi ini, dirasakan di Kota Liwa dengan skala intensitas II – III MMI dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Lalu Pringsewu dan Tanggamus dengan skala intensitas II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga kini belum ada laporan perihal kerusakan akibat gempa. Termasuk dengan korban jiwa lantaran guncangan gempa tersebut.

Dijelaskan pula, gempa susulan terjadi pukul 04.49 WIB dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Diimbau juga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ungkap Bambang Setiyo Prayitno.

Pastikan juga informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.