Akses Kesehatan Nelayan Pesisir Susah, Dinkes Janji Beri Perhatian

oleh -90 Dilihat
Pemprov Lampung siap perbaiki akses kesehatan bagi nelayan pesisir
Pemprov Lampung siap perbaiki akses kesehatan bagi nelayan pesisir

Bandarlampung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap memperbaiki kembali akses kesehatan bagi nelayan yang ada di berbagai daerah pesisir Lampung.

“Telah didapatkan informasi memang ada sejumlah daerah di pesisir yang perlu mendapatkan perhatian untuk kesehatan. Sebab akses pelayanan kesehatan ini harus dibuka seluas-luasnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Ia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat terutama nelayan pesisir pantai, untuk mendapatkan akses kesehatan salah satunya dengan membantu menyediakan alat kesehatan dan obat-obatan.

“Seperti di Desa Sungai Burung, Kabupaten Tulang Bawang terkendala pada akses kesehatan karena Puskesmas Pembantu roboh. Ini nanti akan kita koordinasikan dengan pemerintah kabupaten untuk kembali menyediakan fasilitas itu. Sementara untuk alat kesehatan dan obat akan dikirim dari sini,” ucapnya.

Menurutnya, bagi masyarakat pesisir dan nelayan di Desa Sungai Burung diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan sementara yang telah disediakan oleh bidan desa setempat.

“Nelayan dan warga Desa Sungai Burung bisa gunakan sementara fasilitas kesehatan yang dibuat bidan desa sembari menunggu perbaikan. Dan untuk daerah pesisir pantai lainnya akan kita coba koordinasikan agar akses kesehatan ini tetap bisa digunakan masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk mendukung terbukanya akses kesehatan bagi masyarakat di pesisir pantai, pihaknya meminta tenaga sanitarian dan Tim Promkes agar terus memperhatikan kebersihan di kawasan pesisir.

“Tim Promkes dan sanitarian juga harus melihat secara rutin kebersihan di sekitar pemukiman warga di pesisir. Sebab aspek kebersihan ini jadi pendukung utama terciptanya masyarakat yang sehat, dan jangan lupa untuk menyediakan Posyandu juga,” ucapnya pula.

Adanya komitmen untuk memperbaiki akses kesehatan di pemukiman nelayan dan daerah pesisir di sambut positif oleh salah seorang wanita nelayan rajungan asal Sungai Burung, Rukiah.

“Memang untuk Puskemas Pembantu di desa kami mengalami kerusakan, sehingga kami senang atas adanya rencana perbaikan tersebut,” kata Rukiah.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan alat kesehatan dan obat-obatan bagi nelayan serta warga pesisir laut, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan warga.

“Semoga bisa tetap sehat dengan adanya bantuan-bantuan itu, dan inginnya bisa semua tempat dapat ini juga,” tambahnya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.