Mie Khodon, Kuliner Legendaris di Kota Bandar Lampung

oleh -
Mie Khodon

Bandar Lampung – Berkunjung ke Kota Bandar Lampung ibukota Provinsi Lampung, sangat rugi jika sampai tidak mencicipi berbagai kuliner khas kota ini.

Salah satunya mie khodon yang telah berdiri sejak tahun 1963, lokasi berdagang ada di Jalan Ikan Bawal Nomor 22, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung buka dari pukul 13.00 sampai pukul 19.00 WIB.

Suparno pengelola warung mi khodon mengatakan dagangan ini merupakan warisan keluarga, yang awal mulanya dimulai dari kakenya bernama Atmodiwiryo berjualan dengan cara dipikul.

“Mie ini lalu diwariskan ke orang tua saya, sejak dikelola orang tua penjualan tidak lagi berkeliling dan mulai menetap. Pengelolaan mie saat ini sudah masuk generasi ke tiga yaitu saya sendiri,” kata Suparno pengelola mie khodon pada Selasa (24/5/2022).

Dia mengatakan, awal nama kata ‘khodon’ dalam nama mie muncul ketika pelanggan yang sering membeli mie kakeknya tersebut memanggil dengan nama khodon.

“Nama asli kakek saya kan Atmodiwiryo, dulu menurut cerita yang saya dengar, katanya ada orang chinese yang manggil kakek saya ‘khodon’ gitu. Jadi orang-orang ikutan panggil khodon dan jadilah dinamai Mie Khodon,” paparnya.

Untuk mie di olah sendiri dan bumbunya pun warisan dari kakek, yang terkenal dengan cita rasa gurih dan khas. Sampai saat ini terus mempertahankan cita rasa asli dari mie ini agar tidak berubah sesuai dengan keinginan pelanggan.

“Mienya alami dan bikin sendiri supaya tetap baru setiap harinya dan tanpa bahan pengawet, jadi setiap hari habis jadi buat lagi di setiap hari,” ucap Suparno.

Ada banyak menu mulai dari mie rebus, mie goreng, mie cemek dan lain-lain. Tekstur mie khodon tergolong besar, tetapi tetap empuk dan enak. Keseluruhan, mie khodon memiliki cita rasa lumayan manis, cukup asin, pedas, serta gurih.

Ada pun warga yang sudah lama mengetahui nama mie khodon tersebut, baru berkesempatan mencicipinya. Darul dan Tajudin mengaku baru kali ini mencicipi Mie Khodon ini.

“Kebetulan kami lagi di hotel Yunna dan kami ingin makan sore yang angat-angat, pas banget dekat dari hotel Yunna bisa jalan kaki. Sangat recoment banget Mie Khodon ini wajib mencicipi, sangat lezat,” ucap Tajudin

Mengenai harga yang ditawarkan dalam satu porsi mienya cukup membayar Rp20 ribu rupiah per porsi. (Liting)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.