Cegah PMK, Petugas Cek Kondisi Pasar Hewan di Sarinongko Pringsewu

oleh -
Cegah PMK, Petugas Cek Kondisi Pasar Hewan di Sarinongko Pringsewu
Cegah PMK, Petugas Cek Kondisi Pasar Hewan di Sarinongko Pringsewu

Pringsewu- Antisipasi Penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kasat Binmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono bersama Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Pringsewu, drh Budi Pramono melakukan monitoring perkembangan PMK di pasar hewan Yang berlokasi di kompleks pasar Sarinongko Pringsewu.

Kasat Binmas Iptu Mardiyono didampingi drh Budi Pramono dan drh Dwi Nur Halim selalu dokter hewan pengampu Puskeswan wilayah 1 menyampaikan kegiatan monitoring ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Pringsewu.

Iptu Mardiyono meminta seluruh hewan ternak yang berada di pasar hewan, baik sapi maupun kambing dilakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatannya.

“Untuk pemeriksaan kesehatan hewan sudah disiapkan petugas dan dokter hewan. Ini untuk memastikan tidak ada hewan yang terkena penyakit, khususnya PMK” tuturnya.

Berdasarkan hasil pemeriksan di lapangan, Iptu Mardiyono mengaku belum menemukan adanya hewan ternak yang terpapar PMK. Meski demikian pihaknya tetap masif memberikan edukasi kepada para peternak hewan maupun pedagang hewan untuk mengetahui secara dini kondisi hewan yang dipelihara.

“kita juga mengimbau kepada seluruh peternak sapi untuk tetap waspada dengan adanya sebaran virus PMK. Apabila hewan ternaknya mengalami gangguan kesehatan, agar segera melaporkan kepada tiga pilar di Kecamatan masing-masing” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung saat ini masih menunggu distribusi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak yang ada di daerahnya. Vaksin PMK sebagai langkah pencegahan perluasan penyakit. (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.