Waspada PMK, Lampung Perketat Masuknya Hewan Ternak

oleh -

Bandarlampung- Marak Penyakit Kuku Mulut, Lampung Perketat Masuknya Hewan Ternak Provinsi Lampung memperketat lalu lintas perdagangan ternak baik di ternak lokal maupun luar negeri untuk mencegah masuknya Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. Perdagangan hewan lokal harus memiliki sertifikat kesehatan hewan, sedangkan hewan dari luar negeri dilakukan karantina.

Untuk Bandar Lampung, pemerintah kota telah mengharuskan pemilik ternak yang masuk wilayah kota memiliki sertifikat kesehatan hewan untuk mencegah PMK.  Sedangkan Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung juga melakukan pengetatan lalu lintas ternak dari luar negeri terkait PMK, terutama pada sapi potong. Selain melakukan pemeriksaan dokumen pengiriman ternak, petugas juga memeriksa fisik dan kondisi kesehatan hewan dari luar negeri.

Untuk Lampung Tengah, Pemkab membentuk Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada sapi dan kambing. Langkah itu menurut Bupati Musa Ahmad, diambil untuk melakukan antisipasi terjadinya kematian hewan ternak di Lampung Tengah, mengingat, kabupaten tersebut merupakan kawasan penghasil daging ternak di Provinsi Lampung. Tim Satgas, menurut Musa Ahmad, dibentuk di bawah Dinas Perternak dan Perikanan dan akan langsung melakukan koordinasi dengan seluruh peternakan di Lampung Tengah. (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.