KM Ciremai Telah Berangkatkan 323 Pemudik Dari Pelabuhan Panjang

oleh -2 Dilihat
Pelni sebut KM Ciremai telah berangkatkan 323 pemudik pada arus balik
Pelni sebut KM Ciremai telah berangkatkan 323 pemudik pada arus balik.

Bandarlampung– PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyebutkan bahwa Kapal Motor (KM) Ciremai telah memberangkatkan sebanyak 323 pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pulau Jawa pada H+2 Lebaran 2022.

“KM Ciremai melakukan keberangkatan ke-2 dari Pelabuhan Panjang ke Ciwandan pada Kamis pukul 16.55 WIB dengan mengangkut penumpang 323 orang,” kata Kepala Bagian Armada Pelni, Tanjung Priok, Somrin Simbolon di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa KM Ciremai akan sampai di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon sekitar pukul 20.30 WIB.

“Pada keberangkatan KM Ciremai kali ini terdapat 29 mobil dan 52 sepeda motor dengan total penumpang 323 orang,” katanya.

Ia mengatakan bahwa KM Ciremai akan diperbantukan pada arus balik ini hingga Sabtu (7/5). Kapal ini akan melakukan keberangkatan satu kali sehari dalam masa diperbantukan.

“Untuk keberangkatan satu hari satu kali sampai Sabtu (7/5), namun kalau kapal ini dipersiapkan untuk tiga kali sehari pun masih mampu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang mencatat sebanyak 244 pemudik telah berangkat melalui pelabuhan alternatif pada pukul 12.30 WIB dengan menggunakan KM Titian Nusantara

Pada KM Titian Nusantara yang melakukan keberangkatan pertama itu terdapat 31 mobil, 58 sepeda motor, dan 2 truk.

Pemerintah membuka Pelabuhan Panjang dan Ciwandan sebagai alternatif penyeberangan arus balik lebaran dari Lampung menuju Banten. Hal ini dilakukan mengingat sebelumnya pada arus mudik, terjadi lonjakan penumpang yang sangat tinggi, khususnya untuk penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dari catatan Kementrian Perhubungan, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan penyeberangan melebihi penumpang di transportasi umum lain yakni mencapai 1,6 juta penumpang, baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.