Keceriaan Puncak Perayaan Tradisi Sekura, Setelah Dua Tahun Terhenti

oleh -2 Dilihat
WhatsApp Image 2022 05 04 at 14.30.40
Kegiatan wisata Sekura, Lampung Barat kembali aktif usai dua tahun terhenti

Lampung Barat – Setiap bulan Syawal, Lampung Barat dikenal dengan sebuah Tradisi uniknya yaitu Sekura. Puncak dari tradisi sekura ini biasanya disebut sekura cakak buah atau dalam bahasa Indonesia berarti sekura panjat pinang.

Pesta sekura cakak buah atau panjat pinang dilengkapi dengan ribuan topeng sudah menjadi tradisi turun temurun di Kabupaten Lampung Barat, khususnya di beberapa kecamatan yakni Belalau, Batu Brak, dan Balik Bukit saat lebaran Idul Fitri.

Pesta sekura yang menjadi ajang silaturahmi masyarakat serta wujud kegembiraan setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kegiatan ini, kembali berjalan usai dua tahun terhenti karena aturan Satgas COVID-19 yang melarang adanya kerumunan dan tahun ini lebih dari lima pekon atau desa yang menggelar pesta sekura cakak buah.

photo6310010761686135466
Para remaja berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Sekura

Untuk lebaran di hari ketiga tepatnya Rabu (4/5/2022) giliran Pekon Kuta Besi, Kecamatan Batu Brak yang menggelar pesta topeng sekura. Ribuan topeng sekura yang terdiri dari berbagai komunitas, serta perwakilan pekon-pekon lainnya sengaja datang, untuk sama-sama memeriahkan pesta yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi sampai pukul 14.00 siang.

Ada hal unik lain yang dijumpai saat perayaan sekura ini, ada sejumlah ibu-ibu yang berjualan sayuran. Mereka sudah mulai menjajakan dagangannya sejak pukul 06:00 pagi hingga pukul 11:00 siang. Mereka terlihat sangat antusias dengan berjualan sayuran seperti di pasar-pasar pada umumnya.

Salah seorang penjual, Dewi mengatakan, dirinya sudah lama berjualan sayuran atau kurang lebih 10 tahun untuk setiap perayaan sekura. Keuntungan yang diperoleh menurutnya jauh lebih banyak dari hari biasa.

“Keuntungan di momen ini sangat jauh berbeda daripada berjualan saat hari hari biasaā€¯. Ucap Dewi sambil menunggu sang pembeli datang.

Selain melestarikan kebudayaan asli Lampung Barat, juga ada keseruan tersendiri, keunikan dan damai.

Hal senada disampaikan pedagang lainnya, Hermansyah yang telah berjalan keliling dari rumah ke rumah menjajakan dagangannya.

WhatsApp Image 2022 05 04 at 14.32.10
Topeng dalam tradisi Sekura, Lampung Barat

“Saya sangat mensuport dan ikut bahagian karena 2 tahun tidak di adakannya sekura ini, namun saat ini kita sangat senang karena kembali lagi menggelar acara pesta sekura topeng,” ucap Hermansyah yang berjualan kripik talas.

Pesta budaya sekura merupakan budaya warisan leluhur bumi Sekala Brak yang harus tetap dilestarikan, terlebih sekura telah masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2016 lalu. Selain itu sekura juga menjadi hak paten Lampung Barat.

Pesta budaya sekura secara definisi merupakan perayaan atau ungkapan kegembiraan masyarakat secara bersama-sama dengan bertopeng (menutup wajah) dan merubah penampilan sedemikian rupa yang sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahmi yang berpuncak pada panjat pinang secara berkelompok dengan sistem beguai jejama (gotong-royong). (liting)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.