Bandara Radin Inten Alami Kenaikan Penumpang H-7 Lebaran

oleh -1 Dilihat
Bandara Radin Inten II Lampung
Bandara Radin Inten II Lampung

Bandar Lampung – Bandara Radin Inten II Lampung mengalami kenaikan penumpang berkisar 1.800 orang hingga 2.000 orang per hari pada H-7 Lebaran 2022.

“Hari ini untuk jumlah penumpang sekitar 1.800 orang bahkan bisa lebih sampai 2.000 orang. Keadaan ini mengalami kenaikan dibandingkan rata-rata yang hanya 1.500 orang penumpang,” ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Muhammad Syahril, di Lampung Selatan, Senin (25/4/2022)

Peningkatan penumpang itu terjadi akibat adanya peningkatan arus mudik Lebaran yang mulai terjadi pada H-7.

“Untuk jumlah pergerakan penumpang juga mengalami peningkatan dari biasanya 12 penerbangan pulang pergi menjadi 16 pergerakan pada hari ini,” katanya.

Dia menjelaskan, peningkatan penumpang tersebut tidak hanya terjadi pada H-7 melainkan telah dimulai sejak Jumat (23/4) hingga Ahad (24/4).

“Peningkatan penumpang telah terlihat sejak empat hari terakhir, bahkan hingga mencapai 2.000 orang penumpang dalam sehari,” ucapnya.

Diprediksi peningkatan penumpang lebih banyak akan terjadi pada puncak mudik yakni pada tanggal 28-29 April.

“Puncak arus mudik sepertinya tanggal 28-29 April, sebab akan ada yang memilih pulang lebih awal di tanggal 28 nanti. Oleh karena itu untuk mengantisipasi kemungkinan akan ada penambahan penerbangan,” ujarnya.

Muhammad Syahril melanjutkan, untuk rute dominan dalam penerbangan asal Lampung ialah menuju Jakarta dengan tingkat keterisian pesawat hingga 90 persen.

“Rute menuju Jakarta, Batam, namun yang dominan menuju Jakarta. Untuk penambahan rute ke Bandung hari ini belum dijadwalkan mungkin lusa baru akan ada penerbangan menuju kesana,” katanya pula.

Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang pada H-7 Lebaran kali ini, hingga 28-29 April naik dibanding periode tahun sebelumnya.

“Kalau prediksi kami dari periode Lebaran tahun 2021 kenaikan mencapai di atas 50 persen, karena saat ini tidak ada pembatasan. Akan tetapi bila dibanding rata-rata reguler naik sekitar 30 persen,” ucapnya lagi.

Selain itu adanya arus mudik lebih awal di H-7 Lebaran dikatakan oleh salah seorang penumpang Bandara Radin Inten, Devina.

“Hari ini memilih pulang ke Lampung dari Jakarta lebih awal karena sudah diperbolehkan cuti dan menghindari kepadatan karena arus mudik,” ujar Devina.

Ia mengatakan dalam pembelian tiket dan melakukan penerbangan mudik tidak mengalami kendala.

“Sempat takut kehabisan tiket, tapi sejauh ini selama sudah vaksin booster perjalanan melalui bandara lancar. Hanya nanti saat arus balik saya akan membeli tiket lebih awal sebagai langkah antisipasi kalau tiket habis terjual,” katanya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.