Hindari si Kaya Terima Bantuan, Penerima BLT Minyak Goreng akan Divalidasi Ketat

oleh -4 Dilihat
Penyaluran BLT minyak goreng
Untuk menjaga agar penyaluran bantuan tetap sasaran, daftar penerima BLT minyak goreng akan menggunakan validitas data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Jakarta– Untuk menjaga agar penyaluran bantuan tetap sasaran, daftar penerima BLT minyak goreng akan menggunakan validitas data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, DTKS terus ditingkatkan validitas dan reabilitas ketepatan sasarannya untuk memastikan penerima bantuan sosial yang bersumber dari DTKS, dilakukan pada program keluarga harapan dan program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), termasuk penerima BLT minyak goreng.

“Untuk memastikan data itu valid, Kemensos sudah melakukan validasi secara terus menerus. Kalau dulu minimal setahun dua kali, saat ini Menteri Sosial setiap bulan melakukan updating itu sudah berbasis by name by address, dan sudah padan dengan data dukcapil atau NIK (Nomor Induk Kependudukan),” ungkapnya.

Harry mengatakan Kemensos melengkapi DTKS dengan foto dari kondisi rumah, geo tagging, dan juga dilakukan secara langsung pada saat penyaluran bansos ketika program Kartu Sembako dan PKH diluncurkan. Sebab data BLT minyak goreng menggunakan data dari bantuan tersebut.

Jika ada hal yang kurang tepat terjadi di lapangan, Harry mengatakan Kemensos membuka partisipasi masyarakat melalui aplikasi Cek Bansos, yang terintegrasi di dalam sistem informasi kesejahteraan sosial.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur usul sanggah. “Jadi kalau ditemukan diperkirakan BLT minyak goreng kurang tepat, maka bisa disampaikan sanggah di dalam aplikasi Cek Bansos itu,” kata dia. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.