Fenomena Hujan Es Masih Akan Terjadi Hingga April, Ini Penyebabnya!

oleh -3 Dilihat
Untitled design 1
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena hujan es masih berpotensi terjadi hingga Maret atau April mendatang.

Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena hujan es yang terjadi dalam sepekan terakhir pada beberapa wilayah di Indonesia masih berpotensi terjadi hingga Maret atau April mendatang.

Adapun fenomena tersebut merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menjelaskan, hujan es dapat terjadi karena dipicu pola konvektifitas dalam skala lokal-regional yang signifikan. Kecepatan downdraft dari awan Cb, kata Guswanto memberikan pengaruh yang signifikan yang dapat mengakibatkan butiran es yang keluar dari awan tidak mencair secara cepat di udara.

Lebih lanjut, ketika sampai jatuh ke permukaan bumi pun masih dalam berbentuk butiran es yang dikenal dengan fenomena hujan es.

“Mengingat potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih dapat terjadi hingga Maret-April mendatang,” kata Guswanto, Senin (21/2/2022).

Bersamaan dengan itu, BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem lainnya. Apalagi, dampak yang dapat ditimbulkan dapat diikuti beberapa bencana hidrometeorologi.

Fenomena hujan es di Lampung sempat viral di media sosial. Hujan es diketahui terjadi di Kecamatan Sekincau, Lampung Barat, terjadi pada Minggu (20/2/2022), sekitar pukul 16.00 WIB.

Sejumlah warganet mengunggah foto dan video hujan es itu di media sosial. Dalam video dan foto yang diunggah, terlihat butiran es sebesar biji jagung menumpuk di jalan dan tempat terbuka lainnya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.