Hujan Diprediksi Guyur Sebagian Besar Wilayah Lampung, Waspada Dampaknya

oleh -4 Dilihat
WhatsApp Image 2022 01 18 at 06.31.48
BMKG prediksi hujan turun lebat disebagian wilayah Lampung

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memberikan peringatan akan dampak hujan lebat yang mengguyur Lampung per tanggal 18 Januari 2022 pukul 07.00 WIB hingga 20 Januari 2022 pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG, pada tanggal 18-19 Januari 2022, ada 7 wilayah masuk dalam potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara dan Way Kanan.

Sementara pada 19-20 Januari 2022, ada 11 wilayah, yakni Lampung Tengah, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur, Bandar Lampung, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara dan Tanggamus.

Prakirawan BMKG Maritim Lampung Ahmad Raflie Pahlevi mengatakan, cuaca ekstrem yang diprakirakan akan terjadi di beberapa wilayah tersebut, bakal menimbulkan berbagai dampak.

“Cuaca ekstrem ini akan menimbulkan berbagai dampak, yaitu jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, longsor, volume aliran sungai meningkat, serta aliran banjir yang mengganggu aktivitas masyarakat,” katanya, Selasa (18/1/2022).

Baca : Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Hancurkan Atap Rumah Warga

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam cuaca yang ekstrem ini.

“Masyarakat diimbau selalu berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi, melalui media massa maupun media sosial, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” lanjutnya.

Kemudian, masyarakat juga diimbau untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang yang berlangsung sekitar 30 menit, merobohkan pohon serta plang minimarket di wilayah Sukarame, Bandar Lampung pada Senin (17/1/2022) sore.

Berdasarkan pantauan Diskursus Network di lokasi, tampak plang Alfamart di Jalan Rya Cudu, Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung roboh akibat angin kencang tersebut.

Selain itu, beberapa asbes atap rumah warga roboh tertimpa pohon yang tumbang diterjang angin. Bahkan, ada dua pohon tumbang sekaligus didepan salah satu rumah warga di Korpri Jaya, Sukarame.

Saat didatangi, salah seorang saksi Taufik yang merupakan seorang pedagang di wilayah tersebut mengatakan peristiwa hujan angin tersebut terjadi pukul 16.10 WIB.

(Reporter -Tasya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.