BMKG : Waspada Gelombang Pasang Di Pesisir Bandar Lampung

oleh -3 Dilihat
WhatsApp Image 2022 01 17 at 08.22.07
Bandar Lampung waspada cuaca buruk, khusunsya wilayah peisir

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini waspada gelombang pasang bagi masyarakat yang tinggal di pesisir Kota Bandar Lampung seperti Pelabuhan Panjang, Lempasing dan sekitarnya pada hari ini, Senin (17/1/2022).

Dalam laporannya, Forecaster On Duty BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Panjang, Neneng Kusrini mengatakan, tengah terjadi kondisi pasang maksimum.

“Terjadi kondisi pasang maksimum yang disebabkan oleh anomali harian pasang surut dan Fase Bulan Purnama pada tanggal 17 Januari 2022,” katanya.

Untuk beberapa hari kedepan, Ia mengatakan angin diperkirakan bertiup dengan kecepatan maksimum mencapai 20 knot.

“Diperkirakan angin dapat bertiup dari dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan maksimum mencapai 20 knot, serta pasang maksimum dapat mencapai 1,4 meter,” lanjutnya.

Dalam kondisi lain, cuaca di wilayah Pelabuhan Panjang, Lempasing dan sekitarnya diprakirakan hujan, sehingga terdapat kemungkinan terjadinya peningkatan tinggi muka laut dan berpotensi terjadinya banjir pesisir atau rob.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat di pelabuhan panjang, Lempasing dan sekitarnya untuk selalu waspada.

Perlu diketahui, sejumla wilayah Inonesia pun waspada cuaca ekstrem, termasuk Provinsi Lampung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia mulai 17-22 Januari 2022.

“Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia,” ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Guswanto menjelaskan kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. (Reporter-Tasya)

Baca : Capaian Vaksinasi Anak di Pesisir Barat Baru Capai 21,26 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.