BI Lampung Catat 215 Ribu Merchant Terhubung QRIS

oleh -1 Dilihat
Budiharto Setyawan2 e1593493642732 730x420 1
Kepala KPw BI Lampung, Budiharto Setyawan

Bandar Lampung – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Lampung mencatat sebanyak 215 merchant telah terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai kanal pembayaran di provinsi ini.

“Dari Desember 2019 hingga Desember 2021 pengguna QRIS meningkat 205 persen atau hingga sekarang pengguna QRIS mencapai 215 ribu merchant lebih,” kata Kepala KPw BI Lampung, Budiharto Setyawan, Rabu (29/12/2021).

Ia mengatakan bahwa angka tersebut telah melampaui melampaui target yang ditetapkan untuk Provinsi Lampung yakni sebanyak 180 ribu merchant.

Dia pun mengungkapkan bahwa penggunaan QRIS sebagai salah satu kanal pembayaran digital di Lampung mengalami peningkatan setiap tahunnya dengan rata-rata merchant yang tumbuh sebanyak 150 persen.

“Dari peningkatan 150 persen peningkatan tersebut hampir 50 persen, pengguna berada di Kota Bandar Lampung,” kata dia.

Dia pun mengatakan meskipun terjadi peningkatan pada jumlah pengguna QRIS, namun dari sisi transaksinya masih belum maksimal.

“Kita melihat transaksi memang masih memerlukan peningkatan. Maka harus lebih disosialisasikan lagi penggunaan QRIS agar transaksinya meningkat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, kolaborasi antar institusi sangat penting guna terus mendukung program nasional sehat, inovatif aman pakai QRIS (Siap QRIS) dalam menyongsong kebangkitan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

“Bandarlampung adalah salah satu kota yang ditunjuk sebagai piloting untuk provinsi Lampung dalam program ini. Dimana ada dua lokasi yakni Pasar Tamin dan Mal Boemi Kedaton,” kata dia.

Ia pun berharap program ini akan terus berlanjut dan tidak hanya terfokus kepada dua lokasi yang telah ditunjuk oleh pusat saja.

“Untuk di Pasar Tamin sudah hampir 100 pedang yang menerapkan QRIS, kami harap program ini terus berlanjut bukan hanya di Tamin dan Mal Boemi kedaton saja,” kata di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.