Enam Pekon di Kabupaten Tanggamus Teredam Banjir

oleh -4 Dilihat
WhatsApp Image 2021 12 15 at 15.45.57
Enam pekon di Kabupaten Tanggsmus terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah di Kecamatan Kelumbayan, pada Rabu (15/12) dini hari. 

Tanggamus – Enam pekon di Kabupaten Tanggamus terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah di Kecamatan Kelumbayan, pada Rabu (15/12) dini hari.

Dalam peristiwa alam ini, pekon yang terkena banjir diantaranya Pekon Unggak, Pekon Penyandingan, Pekon Susuk, Pekon Negrikelumbayan, Pekon Napal, dan Pekon Paku.

Salah satu warga Pekon Napal, Abidin mengatakan setelah lebih dari satu jam hujan turun debit air sungai mulai naik. Sekitar pukul 04.30 WIB, kata dia, air bercampur lumpur mulai memasuki rumah-rumah warga.

“Mulai hujan sekitar jam 1 pagi. Sementara banjir terjadi sekitar pukul 5.30 WIB,” kata dia.

Pekon Napal menjadi pekon terparah terdampak banjir selain karena lokasinya yang dekat dengan sungai, tanggul sungai yang baru di bangun roboh lantaran tak kuat menahan derasnya luapan air.

“Kantor pekon aja yang udah tinggi ikut tergenang air bercampur lumpur,” ujarnya.

Dusun Pantaiharapan di Pekon Penyandingan juga termasuk yang terparah karena letak dusun berada paling ujung pertemuan dua aliran sungai, yakni Sungai Unggak dan Sungai Penyandingan.

Kepala Pekon Penyandingan Syarif Zulkarnain mengatakam Dusun Pantaiharapan memang rawan banjir lantaran sungai hampir rata dengan permukiman warga.

“Kalo untuk dusun pantai harapan memang sering terjadi banjir, itu disebabkan pemukiman warga hampir rata dengan sungai,” kata dia.

Kapolsubsektor Kelumbayan Polsek Limau Ipda Joko Wahyudi mengatakan, banjir yang melanda sebagian besar wilayah di Kecamatan Kelumbayan diakibatkan luapan sungai Way Napal.

Akibatnya, luapan sungai menggenangi sejumlah jalan, rumah hingga fasilitas umum di pekon-pekon terdampak banjir. “Pekon Napal merupakan salah satu pekon terdampak banjir paling parah. Luapan air sungai mencapai dua meter menggenai rumah-rumah warga,” ungkapnya.

Lebih lanjut Joko menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir kali ini. Namun sejumlah pekon yang terkena banjir belum bisa dilalui kendaraan mengingat masih tingginya air yang menggenangi jalan.

“Tidak ada korban jiwa. Namun jalan desa di Pekon Susuk, Pekon Negerikelumbayan, Pekon Unggak dan Pekon Penyandingan untuk sementara belum bisa dilalui,” ungkapnya. (Kontributor – Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.