Harga Minyak Goreng Curah di Bandar Lampung Naik, Pedagang Bingung!

oleh -3 Dilihat
WhatsApp Image 2021 12 13 at 10.24.57
Minyak goreng

Bandar Lampung – Harga minyak goreng curah di Kota Bandar Lampung tembus diangka Rp19.500/kg, yang disebabkan karena penurunan pasokan bahan baku minyak goreng tersebut.

Riswan (42)pengecer minyak goreng curah di Pasar Tugu, Senin (13/12), mengungkapkan sudah satu minggu harganya naik, awalnya hanya berkisar Rp 14.500/kg.

“Pasokan dari distributor juga sedikit, padahal peminat minyak goreng curah masih banyak,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, jika dibandingan minyak goreng kemasan yang saat ini rata-rata harganya telah mencapai Rp20.000/kg, harga minyak goreng curah lebih murah sehingga peminatnya masih ada khususnya untuk pedagang tahu goreng dan lainnya.

Terkait dicabutnya larangan penjualan minyak goreng curah, menurutnya itu tidak berpengaruh secara dignifikan sebab harganya saat ini sudah hampir sama dengan minyak goreng kemasan.

“Ada atau tidak minyak goreng curah tidak membuat konsumen kebingungan, tapi jika harganya kembali ke awal yakni Rp13.000/kg mungkin penjualan akan stabil,” ungkapnya.

Hal senada disampakan pedagang di Pasar SMEP, Tri (45) mengungkapkan saat ini penjualan minyak goreng kemasan lebih tinggi jika dibandingkan minyak goreng curah.

“Saya biasanya stok minyak goreng curah tapi karena naik saya tidak ngambil lagi, karena penjualan menurun dan konsumen banyak yang membeli minyak kemasan,” kata dia.

Perlu diketahui, pemerintah memutuskan membatalkan larangan penjualan minyak goreng curah mulai akhir 2021 setelah melakukan pertimbangan yang panjang dan matang. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan.

“Untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam menjalankan usahanya, khususnya kemudahan mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau, maka dengan ini pemerintah melakukan pencabutan atau pembatalan kewajiban atau pelarangan minyak goreng curah untuk diedarkan,” kata Oke.

Kenaikan harga minyak goreng disebabkan oleh beberapa faktor, pertama penyebab penurunan pasokan bahan baku minyak goreng.

Oke mengatakan, saat ini harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) internasional berkisar di angka US$1.305 per metric ton atau naik 27,17% dibandingkan awal tahun 2021 yang memicu kenaikan minyak goreng curah. (Reporter: Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.