Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Vaksin 24 Desember Loh…

oleh -5 Dilihat
Untitled design 2 4
Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri, anak usia 6-11 tahun sudah bisa vaksin mulai tanggal 24 Desember 2021.

Diskursus Network– Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19, anak usia 6-11 tahun sudah bisa vaksin. Program ini akan dimulai tanggal 24 Desember 2021.

“Memulai vaksinasi anak usia 6 tahun sampai dengan 11 tahun, dengan ketentuan telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku,” bunyi Inmendagri huruf c poin 2 dikutip Jumat (10/12/2021).

Sementara pada poin sebelumnya dalam Inmendagri, daerah diminta untuk melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi di wilayah masing-masing. Untuk dosis pertama mencapai target 70 persen dan dosis kedua mencapai target 48,57 persen dari total sasaran, terutama vaksinasi bagi lansia sampai akhir bulan Desember 2021.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun saat ini memang sedang dipersiapkan terutama ketersediaan vaksinnya.

“Usia 6-11 tahun ini kita sedang mengupayakan vaksinnya, semoga Desember ini kita sudah mendapatkan kepastian khususnya vaksin Sinovac,” ucapnya.

Apalagi, kata Nadia, saat ini baru vaksin Sinovac yang telah mendapat izin penggunaan untuk anak usia 6-11 tahun dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Dan mungkin BPOM juga berencana untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk jenis vaksin lain sehingga tentunya akan memperbanyak pilihan ketersediaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun,” lanjut Nadia.

Kementerian Kesehatan melakukan finalisasi teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Penyusunan teknis ini diperkirakan baru selesai pekan depan.

“Minggu depan mulai sosialisasi,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip dari merdeka.com, Sabtu (11/12/2021).

Prosedur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak 6 sampai 11 tahun sama seperti dewasa yakni menggunakan nomor induk kependudukan (NIK). Para orang tua mulai diminta mengecek NIK anaknya masing-masing sebelum vaksinasi dimulai. Vaksin anak rencananya akan melibatkan pihak sekolah. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.