Nelayan Pesisir Bandar Lampung Melaut Meski Cuaca Buruk

oleh -4 Dilihat
WhatsApp Image 2021 12 09 at 15.45.21
Susana tempat pelelangan ikan, Gudang Lelang, Kota Bandar Lampung, Kamis (9/12)

Bandar Lampung – Nelayan di wilayah pesisir Kota Bandar Lampung masih tetap melaut meskipun cuaca buruk, demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Saya tetap melaut karena hidup saya tergantung pada hasil tangkapan melaut,” ungkap Sunaryo (47) nelayan dipesisir Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, Kamis (9/12).

Dia mengatakan, sebagian nelayan pun ada yang tidak melaut karena saat ini cuacanya sangat buruk dan ombak pun besar, sehingga menyandarkan kapalnya.

Untuk saat ini kapal yang berangkat, rata-rata berukuran besar dengan kru kapal lima hingga 10 dan dalam melaut bisa memakan waktu lima hari .

“Memang cukup beresiko, tapi ingin harus bagaimana lagi ini sudah menjadi pekerjaan sehari-hari,” ungkapnya.

Dalam sekali melaut bisa mendapatkan satu kuintal, itu harus berhari-hari sehingga box yang dibawa pun penuh dan minimal membawa empat.

Hal senada disampaikan Rahmat, nelayan yang turut melaut bahwa sejak sepekan terakhir ini, hembusan angin dan gelombang besar kerap melanda perairan terutama malam hari.

“Hasil tangkapan turun sampai 50 persen. Hasil tangkapan itu hanya untuk menutupi biaya operasional saja,” ucapnya.

Menurutnya, sebagian nelayan memilih tidak melaut lantaran kondisi cuaca yang tidak menentu memivu, hasil tangkapan ikan yang menurun. (Reporter : Edriko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.