Kunjungi Pasar Kuliner & Sentra Kreatif Metro, Begini Tanggapan Menteri PPPA

oleh -8 Dilihat
261449090 196212079367091 287047956220560637 n
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Puspayoga) mengunjungi berbagai kegiatan di Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro, Minggu (28/11/2021).

Kota Metro-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Puspayoga) mengunjungi berbagai kegiatan di Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro, Minggu (28/11/2021).

Didampingi Kadis PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, di Pasar Kuliner Payungi, Menteri PPPA Bintang Puspayoga membuka Sekolah Penggerak Perempuan, pameran lukisan tema feminisme, live mural.

Pasar Payungi tidak hanya menjadi sarana jual beli, tapi juga mendukung berbagai aktivitas warga untuk mengasah bakat kewirausahaan, tanpa melihat jenis kelamin, usia, dan latar belakang.

Menurut Bintang Puspayoga, pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) merupakan indikasi utama dari kesejahteraan bangsa. Kesenjangan ini menyebabkan berbagai pihak menjadi termarjinalkan, terutama bagi kelompok rentan seperti perempuan dan anak.

Menteri PPPA RI menyebutkan bahwa kesenjangan perempuan dan anak dalam mengakses, berpartisipasi ikut menentukan arah pembangunan, serta menikmati manfaat pembangunan dapat terlihat dari berbagai indeks dan data.

261497035 637974400673904 3096914031082089666 n

“Tentunya, hal ini menjadi keprihatinan bagi kita semua. Apalagi, menurut berbagai sumber dan hasil penelitian, pandemi Covid-19 yang hingga sekarang masih kita hadapi, juga menempatkan kelompok rentan pada posisi yang lebih rentan” ungkapnya.

Menurut Bintang Puspayoga, perempuan, selain memiliki ketekunan, kerajinan, dan sensitivitas sosial yang luar biasa, pada kenyataannya perempuan-perempuan Indonesia juga terkenal dengan jiwa gotong royong dan semangat belajar yang luar biasa.

Setelah meninjau Pasar Payungi, Bintang Puspayoga berkunjung ke Sekam (Sentra Kreatif Metro). Sekam merupakan tempat yang khusus untuk memasarkan produk hasil perajin dan UMKM yang ada di Kota Metro.

Dalam Sekam tersebut terdapat berbagai macam produk dari perajin dan UMKM produksi lokal seperti batik ciprat, tapis, ecoprint. Kemudian ada kriya seperti tapis tapi dibuat dompet, topi, dan lainnya. Pembuatan kerajinan tersebut dilakukan oleh pengrajin setempat, masyarakat sekitar dan anak-anak kebutuhan khusus (disabilitas).

Dirinya mengapresiasi karya-karya masyarakat dan anak-anak di Kota Metro, dengan adanya Sekam diharapkan bisa membangun ekonomi kreatif untuk Metro sendiri. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.