Buat Petani Nih, Punya Kartu Petani Berjaya Sudah Bisa Ajukan KUR Tanpa Agunan

oleh -3 Dilihat
Untitled design 2 3
Petani Lampung yang telah memiliki kartu tani akan di integrasikan menjadi marketplace petani

Pringsewu – Sekretaris Dinas Pertanian Pringsewu Maryanto mengatakan petani yang sudah teregistrasi dalam program Kartu Petani Berjaya (KPB) bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan/jaminan.

Menurutnya, KUR untuk petani memiliki skema berbeda dari KUR pada umumnya, diantaranya memiliki bunga rendah, 6 persen pertahun. “Bisa digunakan petani untuk modal usaha taninya. Bayar bisa dicicil saat panen,” kata Maryanto di ruang kerjanya, Jumat (26/11/2021).

Selain memberikan pembiayaan modal kepada masyarakat petani melalui KUR, Kartu Petani Berjaya juga menyediakan asuransi pertanian bagi petani, sebagai upaya pemerintah melindungi petani dari kerugian akibat gagal panen. “Asuransi pertanian ini nantinya juga sebagai syarat petani untuk mengajukan KUR,” ungkapnya.

Program KPB merupakan salah satu program unggulan dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di bidang pertanian. Di Pringsewu, program ini dilounching tahun 2020 lalu. Pogram ini diklaim memiliki banyak keunggulan, yakni petani bisa melakukan beragam transaksi, di antaranya pembelian, penjualan, serta pengajuan pembiayaan ke lembaga keuangan secara digital.

Menggunakan media aplikasi, KPB digadang menjadi cikal bakal transformasi pertanian digital di Provinsi Lampung.

Maryanto mengaku, pihaknya terus mendorong agar petani untuk ikut dalam program KPB. Melalui program tersebut, petani akan mendapat banyak manfaat termasuk kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi. Lebih lanjut ia mengatakan, dari total 903 kelompok tani (poktan) yang terdata dalam aplikasi Simluhtan, ada 37.754 petani di Kabupaten Pringsewu yang sudah teregistrasi dalam program Kartu Petani Berjaya.

“Dengan KPB, penyaluran pupuk bersubsidi bisa dikontrol dan tepat sasaran. Petani yang belum masuk KPB tidak akan mendapatkan jatah pupuk bersubsidi,” tutupnya

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.