Menuju SDM Berkualitas, KKP Dorong Gemar Makan Ikan di Lampung

oleh -4 Dilihat
IMG 20211112 WA0068 1.jpg

Diskursus Network -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong peningkatan gemar makan ikan di Provinsi Lampung agar terbentuknya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehat dan produktif.

“Sejauh ini program gemar makan ikan telah berjalan dengan baik, mudah-mudahan dengan meningkatnya masyarakat yang mengkonsumsi ikan dapat menurunkan angka stunting dan menumbuhkan anak-anak yang cerdas,” kata Direktur Logistik Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Innes Rahmania dilansir dari Antara, Minggu (14/11/2021).

Menurutnya tugas yang diemban oleh KKP dalam menurunkan angka stunting dan menumbuhkan manusia yang cerdas bukanlah tugas yang mudah sehingga dibutuhkan peran serta dari pemerintah daerah.

“Saya mengapresiasi Lampung yang telah mensosialisasikan program gemar makan ikan ke kabupaten/kKota. Semoga di Hari Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 ini anak-anak kita semakin cerdas dan stunting menurun,” kata dia.

Menurutnya bukti ilmiah menyebutkan bahwa manusia yang cerdas dan produktif ditentukan oleh status gizi dan apa yang dikonsumsinya oleh sebab itu dalam upaya meningkatkan peran sektor kelautan dan perikanan pada sektor pembangunan, ketahanan pagan dan gizi nasional KKP menginisiasi sejumlah kegiatan dan program penguatan dalam ketersediaan ikan.

“Selain itu juga memfasilitasi kemudahan masyarakat untuk mengakses produk perikanan serta mendorong peningkatan konsumsi nasional yang dikemas dalam gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni, mengatakan bahwa peringatan Hari Perikanan Nasional ini merupakan momentum pemerintah untuk mengingatkan dan membangun kesadaran nasional akan peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh.

Ia mengatakan kegiatan ini pun guna mempromosikan produk kelautan dan perikanan di Lampung dan mendorong pemanfaatan produk perikanan sebagai komoditas ketahanan pangan dan gizi nasional serta meningkatkan konsumsi ikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini guna meningkatkan program konsumsi ikan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional dan meningkatkan citra produk kelautan khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lampung,” kata dia. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.