Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pemprov Lampung Siapkan Posko Pengawasan Libur Akhir Tahun

oleh -5 Dilihat
IMG 20211112 093717
Kadis Perhubungan Provinsi Lampung ungkapkan, guna antisipasi lonjakan penumpang di libur akhir tahun, Pemprov akan siapkan posko pengawasan di simpul kedatangan.

Bandar Lampung– Guna mengantisipasi adanya lonjakan penumpang di libur akhir tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan menyiapkan posko pengawasan di simpul kedatangan.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo (Sabtu, 13/11/2021).

“Terkait libur Natal dan Tahun Baru ini menjadi kegiatan rutin, dan tetap akan disediakan posko pengawasan di simpul-simpul kedatangan,” katanya.

Ia mengatakan disediakannya posko pengawasan menjelang libur akhir tahun tersebut menjadi salah satu antisipasi adanya lonjakan penumpang di simpul kedatangan di Provinsi Lampung.

“Ini jadi salah satu bentuk langkah antisipasi tiap tahunnya bila ada lonjakan penumpang, terlebih saat ini sedang kondisi pandemi COVID-19 jadi posko ini juga bisa berfungsi sebagai antisipasi penumpukan penumpang,” ungkap Bambang.

Posko pengawasan tersebut akan dibuka di pelabuhan, serta bandar udara, di mana saat ini kesiapan sarana prasarana tengah disiapkan.

“Untuk simpul transportasi seperti bandar udara, dan pelabuhan tengah dipersiapkan. Namun untuk jalan darat masih menunggu mandat serta koordinasi dari kepolisan bila ada penyekatan,” katanya.

Ia menambahkan menjelang libur akhir tahun di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung diperkirakan lonjakan penumpang di Lampung hanya sebesar 5 persen dari hari libur di kondisi normal.

“Untuk lonjakan belum ada prediksi pasti, hanya saja bisa mencapai 5 persen dari kondisi normal. Untuk saat ini kondisi dari data penyeberangan jumlah pejalan kaki hanya 1.000 sampai 1.500 orang saja, namun belum bisa diprediksi juga untuk akhir tahun,” bebernya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi adanya penyebaran kasus COVID-19 di simpul kedatangan ataupun sarana transportasi diharapkan masyarakat dapat terus menerapkan protokol kesehatan secara konsisten.

Masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan baik di simpul kedatangan maupun di sarana transportasi. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.