Pondasi Rumah Tebing Ambrol Diterpa Hujan di Bandar Lampung Semalam

oleh -1 Dilihat
longsor
Longsor yang terjadi di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, Rabu (10/11/2021)./FOTO: Roy

Bandar Lampung – Hujan lebat yang mengguyur Kota Bandar Lampung pada kemarin malam mengakibatkan longsor disejumlah wilayah. Dari informasi yang dikumpulkan hingga Rabu (10/11/2021) siang, sedikitnya tiga rumah hancur diterjang longsor yang terjadi pada Selasa (9/11/2021) malam.

“Rumah yang longsor ada yang salah satunya hanya bagian belakang atau dapur saja,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Sutarno, saat meninjau lokasi di di RT 03 LK 03 Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, Rabu siang.

Ia mengatakan, dari pemantauan sementara, longsor diduga akibat penimbunan pondasi yang belum padat, sehingga curah hujan yang tinggi menyebabkan tanah bergeser.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sebab saat bencana itu terjadi penghuni rumah sempat merasakan pergeseran tanah dan langsung keluar rumah.

Untuk saat ini, material longsoran belum bisa sepenuhnya dibersihkan karena ada batu pondasi rumah yang harus disingkirkan menggunakan alat berat.

Sementara menurut Lurah Sumber Agung Satria Dinata, rumah warga yang longsor akan dibangun lagi dan pihaknya siap membantu biaya ganti rugi.

“Kami dari kelurahan siap membantu penanganan berikut koordinasi dengan Linmas, camat danĀ  BPBD. Lalu orang yang membangun rumah di atas juga siap membantu untuk melakukan ganti rugi,” kata dia.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat yang tinggal di ketinggian dan tebing, untuk berhati-hati khususnya saat hujan deras. []

Laporan: Roy Baskara Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.