Perbankan Didorong Bantu UMKM Lampung, Arinal: Perannya Besar Bagi Pertumbuhan Ekonomi

oleh -3 Dilihat
IMG 20211109 WA0125 1

Diskursus Network – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong perbankan untuk membantu permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

“Pelaku industri kerajinan berskala kecil dan UMKM adalah pelaku ekonomi yang penting baik bagi perekonomian Lampung maupun nasional,” kata Arinal dikutip dari Antara, Rabu (10/11/2021).

Ia menyebutkan, UMKM, sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut data dari biro perekonomian, saat ini Lampung memiliki UMKM sebanyak 199.661 pelaku usaha.

Potensi UMKM Lampung yang besar tersebut, ia mendorong perbankan untuk membantu UMKM melalui pembinaan dan permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

Selain itu, Gubernur juga berkomitmen untuk membangun UMKM Lampung dengan merencanakan pendirian pusat UMKM yang berlokasi di wilayah Wayhalim atau Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Meskipun diketahui tingkat pengembalian KUR Lampung hampir mendekati 100 persen, Gubernur tetap mendorong pihak perbankan agar tetap waspada dan melakukan kajian yang menyeluruh dalam penyaluran KUR agar di kemudian hari program KPB terus berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh para petani.

Senada dengan Gubernur, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan menyatakan bahwa dengan tingkat pengembalian KUR Lampung yang mencapai hampir 100 persen, tidak ada alasan bagi perbankan untuk tidak mendukung program gubernur ini.

Guna mendukung rencana pembangunan pusat UMKM oleh gubernur tersebut, Pimpinan Wilayah BRI Bandar Lampung Hari Purnomo menyatakan telah menyiapkan dana sebesar Rp1 miliar. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.