Total Tiga Terduga Teroris Ditangkap di Lampung, Semuanya Pengurus LAZ ABA yang Terafiliasi JI

oleh -
Ilustrasi Densus 88 tangkap terosis/tribun

Bandar Lampung – Densus 88 Antiteror menangkap satu lagi anggota terduga teroris dari organisasi Jamaah Islamiah (JI) berinisial DRS (47) di wilayah Kabupaten Pringsewu. DRS diketahui berprofesi sebagai ASN.

Dari keterangan yang dikumpulkan, DRS ditangkap rumahnya di Desa Wonokriyo, Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu, pada Selasa (2/11/2021) kemarin.

Saat dikonfirmasi, Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, penangkapan ini berdasarkan pengembangan penangkapan dua terduga teroris anggota JI dua hari terakhir.

“Penangkapan ini adalah pengembangan dari kasus sebelumnya, terduga teroris SP yang ditangkap pada Minggu (31/10/2021) kemarin. Satgaswil Lampung menangkap DRS yang merupakan jaringan kelompok JI. Profesinya PNS sebagai Kepala Sekolah SDN di Pesawaran,” kata Aswin, Rabu (3/11/2021).

DRS juga diduga menjabat sebagai sekretaris Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA) yang terafiliasi dengan JI.

“DRS pernah menjabat sebagai Seketaris LAZ BM ABA Lampung dan sempat menjabat sebagai Wakil Ketua LAZ BM ABA Lampung ketika itu SP menjabat sebagai Ketua LAZ BM ABA Lampung,” tambah Aswin.

DRS juga pernah menjabat sebagai Ketua LAZ BM ABA Lampung periode 2018-2020. Dia juga pernah berbaiat dengan salah petinggi JI.

“DRS juga merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiyah yang sudah berbaiat ke Amir JI,” ungkapnya.

Selain itu, DRS juga dianggap mengetahui aliran dana LAZ-ABA yang digunakan untuk kegiatan terorisme JI.

Dalam penangkapan ini, Densus 88 membawa sejumlah barang bukti. Di antaranya satu unit motor, ATM, serta uang yang diduga milik SK.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua anggota teroris JI di Lampung sejak Minggu (31/10/2021 lalu. Mereka adalah SP (61) dan SK (59).

Diketahui, SP merupakan Ketua Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA) yang adalah yayasan yang terafiliasi dengan JI. Sementara SK bertugas sebagai Bendahara LAZ ABA.

Laporan Reporter: Anindita Aisyah Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.