Dukung Generasi Literat, Pocadi Hadir di Mesuji

oleh -
Bupati Mesuji, Saply TH saat meresmikan Pocadi

Mesuji- Guna mendukung peningkatan literasi generasi muda, Kabupaten Mesuji menghadirkan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang sudah diresmikan pada Senin 18 Oktober lalu oleh Bupati Mesuji, Sapli TH.

POCADI adalah tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (ebook). Koleksi eBook yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPunas yang bisa dipinjam dan diunduh mengunakan aplikasi iPusnas.

Pocadi juga dilengkapi dengan perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi ebook, audio dan video yang direkomendasikan.

Pocadi dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Daerah ataupun Kementerian Lembaga dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Dengan hadirnya Pocadi di Mesuji, Saply menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah memberikan banyak perhatian dan bantuan kepada Kabupaten Mesuji.

“Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan hadirnya Pocadi ini semoga menambah tingkat literasi di Kabupaten Mesuji,” ucap Saply.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji Agung Subandara mengatakan, bantuan Pocadi terdiri atas komputer layanan, smart tv, tablet, buku, dan furniture.

Adapun bantuan dari Perpustakaan Nasional selain Pocadi antara lain, bantuan pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah yang bersumber dari dana alokasi khusus, enam perpustakaan desa, dan satu perpustakaan rumah sakit.

Dengan layanan Pocadi ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan meningkatkan literasi masyarakat dengan menyediakan literatur-literatur yang terpercaya.

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional, di tahun 2020 telah tersedianya 90 titik layanan ekstensi Perpustakaan dalam bentuk pocadi yang tersebar di 28 Provinsi (83 kabupaten/kota) yang sudah tersebar hingga Indonesia Bagian Timur.

 

Laporan: Tim Liputan Diskursus Network

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.