Pamsimas Tanggamus Gelar Pelatihan Pemerintah Desa & Kecamatan Tahun 2021

oleh -5 Dilihat
PAMSIMAS e1636104295756
Pemkab Tanggamus menggelar pelatihan penguatan pemerintah desa & kecamatan dalam program Pamsimas III 2021 di Hotel Regency Pringsewu, Minggu (31/10/2021)./FOTO: Anton

Diskursus Network – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar kegiatan pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan dalam program Pamsimas III tahun 2021 di Hotel Regency Pringsewu, Minggu (31/10/2021).

Acara berlangsung selama empat hari sampai Rabu (3/11/2021) dan diikuti oleh 136 orang dari unsur pemerintah pekon dan 20 orang dari unsur kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus Arpin mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan langkah awal mendorong keberlanjutan program dan target universal akses air minum dan sanitasi di pekon, dalam program Pamsimas di Kabupaten Tanggamus.

Selain itu, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta tentang program Pamsimas. Baik dalam hal kewenangan pekon, tatacara kerjasama antara pekon, kader AMPL, KKM dan KPSPAMS. Termasuk integrasi PJM proAksi dan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dalam dokumen perencanaan dan penganggaran pekon.

“Untuk itu diperlukan penguatan kapasitas pemerintah desa dan kecamatan dalam menjalin kerja sama untuk mewujudkan capaian 100 persen akses air minum dan sanitasi di Tanggamus,” kata Arpin.

Ketua Program Pamsimas III Tanggamus Anton menambahkan, sarana yang sudah terbangun selama program Pamsimas dari 2014-2021, nantinya akan dikelola oleh Kelompok Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) di masing-masing pekon penerima program.

Adanya pelatihan ini diharap terbentuk komitmen peserta untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi yang selama ini sudah berjalan.

“Salah satunya melalui kerja sama pekon serta terbentuknya rencana tindak lanjut pemerintah pekon dan kecamatan, dalam mewujudkan kerja sama untuk kegiatan air minum dan sanitasi,” ungkap Anton. []

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.