9 KWT di Pringsewu Terima Bantuan Bibit Sayuran & Pupuk dari Komunitas Boemiku Hijau

oleh -9 Dilihat
IMG 20211023 WA0067 e1635068912495

Pringsewu – Komunitas Boemiku Hijau menyalurkan bantuan bibit tanaman kepada 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kecamatan Gadingrejo, Minggu (24/10/2021). Bantuan yang diberikan kali ini berupa bibit sayuran bayam, kangkung, sawi, pupuk daun, dan polybag.

Sembilan KWT yang mendapatkan bantuan antara lain KWT Sekar Wangi dan KWT Bunga Mas dari Pekon Yogyakarta, KWT Karya Mandiri dan KWT Bina Mandiri dari Pekon Panjerejo. Kemudian KWT Ayu Tani dan KWT Sekar Wangi dari Pekon Bulurejo, dan tiga KWT dari Pekon Yogyakarta Selatan yakni KWT Dahlia, KWT Mutiara Tani, dan KWT Sekar Tani.

Menurut Ketua Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Bambang Kurniawan, pemberian bantuan bibit sayuran  bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk kegiatan budidaya tanaman pangan.

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, kata Bambang, masing-masing KWT dapat menghasilkan beragam tanaman pangan lokal yang diharapkan juga produktifitas tanaman yang dihasilkan bisa menjadi sumber pendapatan.

“Pendampingan oleh Komunitas Boemiku Hijau agar kedepan anggota KWT bisa mengelola usaha tani nya yang berorientasi pasar,” katanya.

Bambang menjelaskan, selain upaya meningkatkan produktifitas KWT dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten Pringsewu, kegiatan pemberdayaan masyarakat tani yang dilakukan Komunitas Boemiku Hijau bertujuan menumbuhkan motivasi kewirausahaan anggota KWT yang di tiap-tiap pekon.

“Agar bisa menjadi contoh bagi KWT yang lain. Budi daya tanaman dengan pemanfaatan lahan perkarangan bisa dijadikan sumber penghasilan,” ujarnya. []

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.