Waspada! WhatsApp Kamu Kemungkinan Dibajak Jika Ada Lima Ciri Ini di HP

oleh -4 Dilihat
WA

Diskursus Network – Beberapa waktu lalu, beredar info cara menyadap atau membajak WhatsApp (WA) baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Apalagi banyak orang yang sudah menjadi korban penyadapan oleh orang-orang di sekitarnya, dan hal itu tentu saja membuat resah.

Apapun alasanya, penyadapan bukanlah tindakan yang terpuji. Secara hukum maupun moral itu sama artinya kita melanggar privasi orang lain.

Lalu, bagaimana ciri-ciri WA sedang disadap atau dibajak oleh orang lain menurut Dosen Informatika dan Komputer UNS, Nurcahya Pradana Taufik Prakisya?

  1. Ada Aplikasi Asing Terpasang di HP

Keberadaan aplikasi tidak dikenal yang terpasang di smartphone atau HP patut diwaspadai. Aplikasi asing itu bisa jadi adalah alat yang digunakan pelaku untuk membajak WA korban.

  1. Whatsapp Tiba-tiba Logout

WA tiba-tiba keluar sendiri atau logout dapat menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut sedang dibajak dan telah dipindahkan ke perangkat lain.

Hal itu biasanya terjadi karena OTP (one time password) nya telah diberikan atau diketahui pihak lain.

Jika ada yang berusaha memasukkan nomor Anda ke dalam sebuah perangkat baru, dan memiliki akses ke nomor telepon akun Anda, maka percakapan WA anda sepenuhnya akan berpindah ke perangkat baru yang dimiliki orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

  1. Ada Pesan Terkirim Tanpa Diketahui

Ciri-ciri WA disadap orang lain adalah adanya pesan terkirim tanpa diketahui. Saat pengguna menyadari bahwa bukan dirinya yang membuat dan mengirim pesan, dapat dipastikan bahwa WA sedang dibajak orang lain.

  1. Pesan Terbaca dengan Sendirinya

Jika pengguna WA belum membaca suatu pesan namun notifikasi pesan diterima sudah hilang, bisa jadi ada orang lain yang membajak WA-nya. Perhatikan secara seksama apakah itu terjadi hanya satu waktu atau berulang kali.

  1. Adanya Riwayat WA Web di Perangkat Tidak Dikenal

Penggunaan WA web pada web browser akan meninggalkan jejak riwayat pada laman WA web. Cara melihatnya, klik logo tiga titik di pojok kanan atas kemudian pilih WA web.

Akan muncul sebuah halaman riwayat penggunaan WA web Anda. Jika terdapat akses dari browser yang tidak dikenal, bisa jadi peretas menggunakan cara ini untuk menyadap WA korban.

Nah, itulah ciri-ciri WA kita kemungkinan sedang dibajak atau disadap ya. Sudah selayaknya kita waspada dengan informasi privasi kita. Karena ada saja orang yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan teknologi untuk berbuat kejahatan. []

Laporan: Franata Ferdinan Wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.