Unik, Peternak Lampung Tengah Jadikan Sapi Limosin Tunggangan Warga

oleh -
Suasana warga hiburan naik sapi Limosin di Desa Adijaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah./ FOTO: Deny

Lampung Tengah – Pemilik sapi ternak di Desa Adi Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah siap menjadikan hewan ternak mereka sebagai pertunjukan hiburan bagi masyarakat.

Para peternak sapi tersebut kerap menggelar pertunjukan menunggangi sapi dengan melibatkan jenis hewan ternak terberat yang mereka miliki yakni seberat 1,87 ton.

Dedi Kentung selaku pengurus paguyuban Margo Lembu mengatakan, kegiatan menunggangi sapi tersebut akan menjadi hiburan bagi masyarakat di Lampung Tengah.

“Kegiatan menunggangi sapi ini sebenarnya sebagai salah satu cara memeriksa kesehatan sapi ternak kami, dengan cara dilihat aktivitasnya,” kata Dedi Kentung, Selasa (19/10/2021).

Adapun jenis sapi yang dilibatkan dalam pertunjukkan tersebut kata Dedi Kentung yakni jenis Simetal, Limosin dan Brahma.

“Usia sapi yang akan ditunggangi mulai dari usia 1 hingga 5 tahun. Sejauh ini ada 22 ekor yang akan turut andil dalam kegiatan menunggangi sapi ini,” jelasnya.

Yulius Heri Susanto salah satu warga yang juga anggota dewan Lampung Tengah, sangat mendukung kegiatan rutin pertunjukkan menungangi kuda tersebut. Yulius mengatakan kegiatan itu bisa menjadi destinasi wisata baru dan menarik minat warga karena unik dan belum pernah ada.

“Kami dari DPRD siap mendukung kegiatan yang tergolong unik ini. Semoga akan menjadi kegiatan yang positif dan dapat menjadi sumbangsih bagi daerah,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pertujukan sapi tunggang juga membuktikan eksistensi peternak sapi di Lampung Tengah yang terbesar di Provinsi Lampung dengan mampu menyuplai kebutuhan daging hingga ke Provinsi Bangka, Jambi, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

“Adanya atrasksi ini juga supaya masyarakat tahu, bahwa Lampung Tengah adalah penyuplai daging sapi terbesar di Provinsi Lampung, dan mampu mencukupi kebutuhan daging hingga ke provinsi lainnya,” pungkasnya. []

Laporan Kontributor: Deny Fernando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.