Melirik Windows 11 yang Segar, Ini Cara Mudah Instal & Updatenya

oleh -14 Dilihat
11
Ilustrasi/The Verge-kompas.com

Diskursus Network – Beberapa waktu lalu, Microsoft mengumumkan sistem operasi Windows 11 mulai tersedia. Windows 11

adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft, sebagai penerus Windows 10, dan dengan download Windows 11, kamu bisa update sistem operasi di perangkat komputermu.

Selain melalui update gratis, Windows 11 sudah dapat dibeli untuk PC atau perangkat komputer baru. Menurut pihak Microsoft dikutip dari berbagai sumber, mereka sangat  semangat meluncurkan Windows 11.

Sebelumnya, Microsoft telah merilis versi beta untuk Windows 11 pada awal Agustus lalu. Microsoft mengumumkan, pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade dengan download secara gratis. Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load.

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan di menu Windows Update. Jika belum tersedia, kemungkinan update ini digelontorkan secara bertahap.

Jika notifikasi tersebut sudah muncul, kamu tinggal download Windows 11 untuk update. Ini nih, cara untuk download Windows 11 secara gratis:

1.Buka menu pengaturan “Settings” melalui perangkat komputer Anda (PC Desktop/Laptop).

2.Kemudian, pilih “Pembaruan Windows/Update Windows”.

3. Selanjutnya, klik “Periksa Pembaruan”. Jika update tersedia, anda akan melihat opsi “Pembaruan Fitur ke Windows 11”.

4. Untuk mengunduh update Windows 11, klik “Download/Unduh dan Install” pada menu yang tersedia. Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi Windows 11 selesai.

Namun Microsoft mengumumkan, tidak semua perangkat komputer bisa download dan menggunakan Windows 11. CPU yang mendukung Windwos 11 adalah Intel generasi 8 atau yang lebih baru.

Namun, belakangan Microsoft mengatakan bahwa ada solusi yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 untuk perangkat lama. PC dengan CPU lama yang tidak lolos uji pembaruan secara resmi, bisa download dan menginstal Windows 11 secara manual lewat file ISO.

Metode ini bisa dilakukan selama PC memiliki CPU 64-bit dual core, kecepatan minimal 1 GHz. Perangkat juga harus memiliki RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB, serta chip TPM 1.2.

Sistem operasi teranyar ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, dan dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini sudah tidak lagi berada di samping kiri, tetapi bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan MacOS.

Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama, yaitu berada di sisi kanan taskbar. Sementara itu, menu Start kini berada tepat di tengah. Soal tema, UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11.

Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, seperti aplikasi media sosial dan game. Nah itulah cara mudah download dan instal Windows 11.

Selamat mencoba…

Laporan: Franata Ferdinan Wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.