Target 10 Besar PON Papua Tercapai, Kontingen Lampung Sisakan 4 Cabor

oleh -41 Dilihat
IMG 20211004 WA0085

Diskursus Network – Kontingen Lampung hingga satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berada di peringkat 10 dari 34 provinsi yang mengikuti perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air itu.

“Target 10 besar sudah pasti terpenuhi mengingat peringkat di bawah, tak mungkin lagi mengejar kontingen Lampung untuk perolehan medali,” kata Wakil Ketua III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Agus Nompitu, dilansir dari Antara, Kamis (14/10/2021).

Ia menyebutkan perolehan medali untuk kontingen Lampung hingga sekarang, yakni 14 emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu.

Pesaing terdekat Lampung adalah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sama-sama memperoleh 14 medali emas dan 10 perak. Namun sementara NTB unggul dengan perolehan medali perunggu 12, sementara Lampung hanya 11.

Perburuan medali emas terakhir pada Kamis (14/10/2021), Lampung masih menyisakan empat cabang olahraga yang masih bertanding, yaitu atletik di nomor tolak peluru, terjun payung yang bertanding di Mimika, karate yang hari ini bermain di nomor kata beregu dan selam laut.

Sementara NTB masih menyisakan cabang atletik nomor 3.000 meter lari halang rintang dan final estafet 4×400 meter putra, di mana dalam tim ini bercokol atlet nasional Lalu Muhammad Zohri.

“Dalam hitungan matematis, kemungkinan menambah medali Lampung masih terbuka, dan jika dua sisa pertandingan itu mendapatkan medali emas dan NTB juga mendapatkan medali emas, maka posisi masih tetap sama dalam klasemen, yakni di peringkat 10 besar,” jelas Agus.

Menurut dia, Lampung aman di posisi 10 besar, lantaran empat daerah di bawahnya, yakni Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Utara dan Banten sudah selesai berburu medali hari ini.

“Apapun yang terjadi, pergeseran rangking terpanas hanya bersaing dengan NTB, namun peluang meraih medali ada pada NTB yang didukung atlet nasional di estafet putra tersebut,” ujar Agus.

Kontingen Lampung pun berharap dapat meraih medali dari sisa pertandingan empat cabang olahraga tersebut.

“Posisi terbaik bagi Lampung berkisar antara 9 dan 10, tergantung perolehan medali hari ini,” ungkap Agus.

Persaingan di papan atas kini sudah hampir selesai, dengan Jawa Barat mengunci perolehan 125 medali emas. Sebab dengan 106 medali emas, Jawa Timur tidak mungkin menyusul. Demikian juga DKI Jakarta yang mengoleksi 99 medali emas, tidak mungkin menyusul Jawa Timur.

Begitu juga DKI Jakarta yang tidak lagi bisa disusul Papua, yang memperoleh 87 medali emas. Artinya, persaingan di papan atas terhenti dengan posisi seperti saat ini, di mana Jawa Barat kembali menjadi juara PON XX Papua 2021.

Dengan demikian, dapat dipastikan Lampung finis 10 besar PON Papua, atau dengan kata lain target tercapai. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.