Google Pixel Siap Saingi iPhone di Kelas Flagship

oleh -

Diskursus Network – Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan rilis sebagai ponsel kelas flagship, seiring dengan rencana Google menambah durasi pembaruan perangkat. Dilansir dari The Verge (14/10/2012), Google akan merilis smartphone terbaru pada bulan ini yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Google Pixel 6 diklaim bisa menjadi smartphone untuk Android 16, Pixel series juga akan dibekali pembaruan perangkat lunak dengan durasi 5 tahun. Durasi pembaharuan perangkat ini menjadi durasi yang lebih lama untuk saat ini dibandingkan dengan kompetitor lain, seperti misalnya Samsung yang akan menambah durasi pembaruan perangkat lunak menjadi 4 tahun.

Series ini dipastikan menjadi smartphone pertama yang akan dirilis menggunakan Android 16 dengan pembaharuan keamanan Android hingga lima tahun ke depan atau pada 2026.

Peluncuran Pixel 6 series nantinya akan dibekali dengan perangkat lunak Android 12, yang selanjutnya akan diperbaharui menjadi Android 13,14, dan 16.

Google Pixel 6 dilengkapi dengan layer 6.4-Inch FHD+ display dan untuk Pixel 6 Pro sudah menggunakan layer 6.7-Inch QHD+. Berikut beberapa keunggulannya:

  1. Layar dengan In-display Fingerprint

Penggunaan sensor fingerprint fisik yang biasanya diletakkan dibagian body belakang, untuk seri Pixel 6 akan beralih dan mengusung sensor fingerprint dalam layar, Pixel 6 dan 6 Pro akan menggunakan panel AMOLED.

  1. Chipset Tensor buatan sendiri

Series Pixel 6 menjadi yang pertama menggunakan chipset buatan sendiri dengan codename “Whitechapel” yang Google sebut dengan Tensor. Chipset Tensor ini akan berfokus pada Artificial Intelligence (AI) dan machine learning. Keunggulan tersebut sesuai dengan komitmen Google untuk bersaing dengan Apple yang sudah lebih dulu menghadirkan chipset buatan sendiri di seri iPhone.

  1. Sensor kamera baru

Google mengonfirmasi bahwa series Pixel 6 hadir dengan sensor kamera baru berkekuatan 50MP, selain sensor kamera baru Pixel 6 juga memiliki modul kamera dengan susunan horizontal. Pixel 6 memilik dua kamera belakang (utama dan ultrawide), dan untuk Pixel 6 Pro dengan tiga kamera belakang (utama, ultrawide dan telephoto dengan dukungan 4kali optimal zoom).

  1. Baterai tahan seharian

Google menargetkan series Pixel 6 memiliki daya tahan mencapai satu hari penuh dengan peningkatan yang maksimal sehingga membedakan dengan brand lain.

  1. Desain dan warna menarik

Series pixel 6 memiliki desain yang berbeda pada bagian body belakang, modul kamera horizontal besar dan variasi dua warna berbeda (matte dan glossy) diantara modul tersebut. Bukan hanya unggul pada kamera dan kualitas layer, Pixel 6 Pro memiliki lebih banyak varian warna hitam, kuning, putih, hijau, dan orange, dan Pixel 6 memiliki pilihan warna hitam, kuning, dan putih. Series Pixel 6 menggunakan layer berbezel tipis dengan punch-hole di tengah atas sebagai kamera selfie.

  1. Android 12 dengan Material You

Series Pixel 6 hadir dengan perombakan tampilan besar-besaran yang Google sebut Material You, bukan hanya hadir dengan animasi yang diperbaharui dan ikon-ikon baru, Material You akan dibuat lebih personal kepada penggunanya. Salah satunya yakni fitur pengaplikasian warna dominan dari wallpaper ke menu, bar notifikasi, aplikasi firs-party dan lainnya.

  1. Sistem keamanan lebih mumpuni

Google yang menjaga komitmen untuk memberikan yang terbaik hadir melalui Tensor dan chip keamanan Titan M2. Bila Apple selalu membanggakan diri dengan menyebut memiliki fitur paling aman, Google mengklaim bahwa series Pixel 6 memiliki lapisan keamanan yang paling banyak dibandingkan dengan brand manapun, hal tersebut didasarkan pada jumlah lapisan keamanan hardware terpisah.

Demikian penjelasan fitur-fitur yang diberikan, diketahui bahwa Google akan menghadirkan lebih banyak fitur lain yang unggulan dan luar biasa.

Pixel series akan dibekali dengan chip Google Tensor yang diklaim sebagai salah satu inovasi terbaik Google. Ponsel Google Pixel 6 series akan resmi diperkenalkan ke publik dalam Autumn Hardware Event pada 19 Oktober 2021. []

Laporan: Suci Pebrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.