Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Nelayan Bijak Melaut, Jangan Memaksa Jika Tidak Memungkinkan

oleh -

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau nelayan untuk waspadai potensi perubahan cuaca ekstrem selama beberapa hari kedepan pada musim pancaroba saat ini.

Sejumlah wilayah di Bandar Lampung diprediksi akan mengalami hujan lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang. Diantaranya Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Metro, Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesisir Barat, dan Way Kanan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Haryanto mengimbau, masyarakat khususnya para nelayan supaya berhati-hati dan bijak apabila ingin melaut.

“Imbauan kami bagi masyarakat khususnya nelayan yang menggunakan sarana (kapal) sederhana supaya berhati-hati dan bijak apabila memang ingin melaut. Apabila memang tidak memungkinkan, jangan berangkat melaut. Kami hanya bisa memberikan warning saja, keputusan tetap ada di nelayan,” ujarnya pada Rabu (13/10/2021).

Berdasarkan data BMKG Lampung tentang peringatan dini gelombang tinggi pertanggal 13-14 oktober 2021, potensi gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter terjadi di perairan Teluk Lampung bagian Utara.

Sementara, potensi gelombang setinggi 2,5 meter hingga 3,5 meter terjadi di perairan Barat Lampung, perairan Selat Sunda bagian Barat, perairan Teluk Lampung bagian Selatan dan perairan Samudra Hindia Barat Lampung.

Berikut wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang besok, Kamis (14/10/2021): Lambar, Lamteng, Pesibar, Lamtim, Lamsel, Way Kanan, dan Lampura pada sore dan malam hari. ()

Laporan Reporter: Anindita Aisyah Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.