Subhanallah…Lisan, Mahasiswa di Lampung Ini Selesaikan 30 Juz Dalam 3 Tahun Sambil Kuliah

oleh -4 Dilihat
DJ
Ahmad Lisan (baju putih) bersama dosen pembinanya./FOTO: Humas IIB Darmajaya

Bandar Lampung – Ahmad Lisan (23), mahasiswa Prodi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, berhasil menghapal 30 juz Al–Quran selama kurang lebih tiga tahun di Rumah Tahfizh Darmajaya.

Dengan selesainya Ahmad Lisan hapalan 30 juz, kini Kampus The Best memiliki empat orang hafizh. Sebelumnya, Suhendro; M. Saifuddin Mahfudz; dan Sin Musri’ah lebih dulu menyelesaikan hapalan 30 juz. Ican–panggilan akrab Ahmad Lisan, merupakan mahasiswa penerima Beasiswa Hafizh Quran IIB Darmajaya.

Ican telah menghapal Al–Quran sejak lulus sekolah dasar.

“Setahun setengah berhenti tidak melanjutkan hapalan saat lulus SD. Kemudian, saya kembali menghapal kelas dua belas SMA sampai semester tujuh ini,” kata Ican.

Ican diterima di IIB Darmajaya juga dengan bekal hapalan 5 juz Al–Quran. Di Rumah Tahfizh, dia menjalani program menyetor hapalan setiap harinya.

“Sehari satu halaman hingga 20 hari 20 halaman. Kemudian kita mengulang dari hapalan sebelumnya hingga 20 halaman yang baru,” ujarnya.

Menurut dia, selama menjalani program Hafizh Quran di Rumah Tahfizh Darmajaya juga tidak mengganggu dalam menjalani perkuliahan. Hal itu dibuktikan dengan IPK-nya 3,20.

“Semester pertama saya kuliahnya reguler (pagi), tapi semester dua hingga seterusnya pindah ke malam untuk lebih fokus pada program setoran di pagi harinya,” imbuhnya.

Di sela waktunya, usai menjalani program, Ican juga bekerja untuk memenuhi kebutuhannya dengan mengajar mengaji dan menjadi pengemudi ojek online. Selama menghapal, menurutnya, banyak tantangan yang dijalaninya dari rasa malas hingga ujian.

“Alhamdulillah, dua minggu lalu dapat selesai 30 juz. Adik saya juga hafizhah sekarang sedang di Pondok Pesantren,” tuturnya.

Sementara, penanggung jawab Rumah Tahfizh IIB Darmajaya,  Suratno mengucapkan syukur kepada Allah Swt dengan bertambahnya Hafizh dari mahasiswa IIB Darmajaya.

“Lisan bisa menjadi contoh dan semangat yang lainnya di Rumah Tahfizh. Sehingga akan muncul Lisan-Lisan berikutnya yang hapal 30 juz,” ungkapnya.

Suratno mengajak pelajar SMA/K/MA yang kini di kelas XII dapat mengikuti program Beasiswa Hafizh Quran.

“Untuk adik-adik yang telah memiliki hapalan Al-Quran 5 juz dapat mendaftar ke IIB Darmajaya dengan jalur penerimaan Beasiswa Hafizh Quran. Karena kesempatan ini diberikan kepada penghapal Al-uran yang juga ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan menggapai cita-cita,” tutupnya. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.