Gabungan NGO di Lampung Maksimalkan Potensi Desa Penyangga TNWK

oleh -

Diskursus Network – Gabungan Non Governmental Organization (NGO) lingkungan di Lampung memfasilitasi pengoptimalan potensi sumber daya alam di desa penyangga Taman Nasional Way Kambas (TNWK) sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga.

“Konsorsium NGO lingkungan yakni YKWS dan Walhi saat ini tengah mendorong program konservasi di TNWK, jadi dalam pelaksanaannya sejalain menjaga ekosistem  sumber daya alam yang ada di desa penyangga,” ujar Project Manager konsorsium NGO Lampung, Isyanto dilansir dari Antara, Sabtu (2/10/2021).

Menurutnya, pengoptimalan sumber daya alam bagi warga di desa penyangga taman nasional tersebut dilakukan dengan melakukan pelatihan budidaya lebah, pembentukan kawasan wisata, sentra sayuran dan kuliner.

“Jadi desa penyangga taman nasional ini memiliki banyak potensi, sehingga telah dibentuk Pokdarwis yang nantinya akan membentuk sentra sayuran, sentra madu, sentra kuliner yang pemesanannya dilakukan dengan sistem digital. Semua bahan didapat dari tanaman yang ditanam di pekarangan warga,” ucapnya.

Ia menjelaskan salah satu desa penyangga yang akan dikembangkan adalah Desa Tegal Yoso, sehingga pemberdayaan masyarakat desa penyangga diharapkan akan terwujud serta membantu menjaga kesejahteraan warga.

“Harapannya masyarakat desa penyangga taman nasional bisa menjaga alam sembari memperoleh manfaat dari alam melalui pemanfaatan madu dan sayuran,” katanya lagi.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Bagian Pelayanan Desa Tegal Yoso, Solihin.

“Konservasi diharapkan selain menjaga alam juga dapat menyangga kehidupan masyarakat di desa sekitar, namun ada sejumlah kebiasaan dari kita yang harus diubah yakni mengubah penggunaan pupuk kimia menjadi pupuk organik,” ujar Solihin.

Dia melanjutkan, dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar untuk membuat pupuk organik diharapkan, dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan pupuk kimia di sekitar Taman Nasional Way Kambas. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.