Waspadai Penipuan, BRI Minta Masyarakat Tidak Beri Data Pribadi Sembarangan

oleh -34 Dilihat
dcaa74cb 04e1 451f 9063 7900a8e36d0e

Diskursus Network – Bank BRI mengimbau masyarakat lebih berhati-hati menjelajahi digital agar tidak menjadi korban penipuan website atau tautan palsu.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan BRI hanya menggunakan saluran resmi melalui website resminya dan saluran social media resmi verified atau bercentang biru @bankbri_id (Instagram), bankbri_id (Twitter), Bank BRI (Facebook), dan Bank BRI (Youtube) dalam mengomunikasikan berbagai informasi dan program resmi BRI.

“Pastikan kebenaran berita, pastikan informasi diperoleh dari website resmi perbankan, dan tidak memberikan informasi data pribadi atau perbankan kepada orang lain atau oknum yang mengatasnamakan BRI,” katanya dilansir Antara, Selasa (28/9/2021).

Aestika mengatakan keamanan data pribadi maupun data perbankan nasabah menjadi perhatian utama dari BRI, khususnya di tengah derasnya arus digitalisasi seperti saat ini.

Untuk menjaga kerahasiaan data nasabahnya, BRI telah memiliki program data privacy yang mampu melindungi data-data nasabah dari pencurian data yang dilakukan oleh fraudster di dunia maya.

Namun demikian, BRI mengimbau nasabah BRI lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya atas tautan yang diterima melalui pesan berjejaring di smartphone.

Ia juga mengingatkan nasabah tidak memberikan data pribadi maupun data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, dan password internet banking serta OTP, kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melalui website atau tautan palsu (bodong) yang mengatasnamakan BRI.

Adapun untuk mencegah masyarakat tidak menjadi korban penyalahgunaan data nasabah, BRI telah mengambil langkah terukur bekerja sama dengan pihak-pihak berwenang, di antaranya dengan melakukan pemblokiran website yang mencurigakan dan mengandung informasi palsu, serta melakukan investigasi para pelaku, pembuat dan penyebar website bodong tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa nasabah tidak perlu khawatir terkait keamanan transaksi melalui layanan digital banking BRI, BRImo maupun internet banking BRI.

“Saat ini, layanan digital banking BRI, BRImo merupakan salah satu layanan digital perbankan yang sangat user friendly, aman, dan menyediakan banyak fitur transaksi keuangan yang memudahkan nasabah dalam menjawab kebutuhan perbankan,” tutur Aestika.

Lebih lanjut ia mengimbau nasabah BRI senantiasa waspada atas segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan.

Ia menyarankan nasabah dapat mengonfirmasi hal-hal yang mencurigakan melalui call center resmi milik BRI di nomor 14017 atau 1500017. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.