Tuai Banyak Kritikan, Ini Alasan Instagram Kids Batal Diluncurkan

oleh -66 Dilihat
pile 3d instagram logos 1
Ilustrasi Instagram/Ant

Diskursus Network – Facebook menunda pengerjaan Instagram Kids, aplikasi baru khusus anak-anak setelah menuai banyak kritik.

Instagram Kids disebut-sebut membutuhkan izin orang tua untuk bergabung dan menyediakan konten bebas iklan sesuai usia pengguna.

Namun, anggota parlemen dan kelompok advokasi AS mendesak untuk membatalkan rencana peluncuran aplikasi tersebut karena alasan keamanan.

“Kami tidak akan berhenti mendesak Facebook sampai mereka menarik rencana peluncuran secara permanen,” kata Josh Golin, direktur eksekutif Fairplay, sebuah kelompok advokasi yang berfokus pada anak-anak dikutip dari Antara, Selasa (28/9/2021).

Instagram mengatakan tidak ada yang salah dari pengerjaan aplikasi Instagram Kids. Namun mereka menunda pengerjaan dan akan terus mengembangkan alat pengawasan orang tua.

“Kenyataannya adalah anak-anak sudah bisa berselancar di dunia maya. Kami percaya bahwa mengembangkan pengalaman yang sesuai dengan usia mereka adalah hal yang baik,” kata pihak Instagram.

Mereka kemudian mencatat bahwa YouTube dan TikTok juga meluncurkan aplikasi versi anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Empat anggota parlemen Demokrat termasuk senator AS Ed Markey dan Richard Blumenthal mengatakan mereka senang dengan keputusan Facebook untuk menunda pengerjaan Instagram Kids, namun langkah tersebut belum cukup.

“Mereka harus benar-benar meninggalkan proyek ini,” kata anggota parlemen Kathy Castor dan Lori Trahan.

Pada 2017, Facebook meluncurkan aplikasi Messenger Kids, platform perpesanan untuk anak di bawah usia 13 tahun yang dikendalikan oleh akun Facebook orang tua.

Awal bulan ini, Wall Street Journal menerbitkan sebuah laporan yang menunjukkan bahwa Instagram memiliki efek berbahaya bagi remaja terutama perempuan dan Facebook telah melakukan upaya minimal untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun pada Minggu, (26/9/2021) waktu setempat, Facebook mengatakan bahwa laporan tersebut tidak akurat. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.