Rp400 Miliar Lebih Dana APBN Digulirkan Pemerintah Bantu UMKM di Masa Pandemi

oleh -
Kegiatan ekspor komoditas pertanian dari Riau.

Riau – Pemerintah Provinsi Riau telah menggulirkan dana APBN sebesar Rp410,03 miliar kepada 345.695 UMKM guna memperkuat produktivitas UMKM sekaligus mendorong perannya menumbuhkan perekonomian di daerah itu saat pandemi covid-19.

“Pandemi covid-19 berdampak ke segala sektor salah satunya sektor ekonomi yang secara signifikan dirasakan oleh para pelaku UMKM. Karena itu para pengusaha muda Indonesia dituntut memahami era adaptasi kebiasaan baru yang akan mempengaruhi pola bisnis,” kata Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi.

Pemerintah Provinsi Riau juga telah menyusun langkah-langkah untuk membantu masyarakat dalam menghidupkan dan menggerakkan kembali roda perekonomian para pelaku UMKM melalui dua strategi yaitu strategi intervensi dan strategi Garansi.

Dua strategi tersebut yaitu strategi intervensi seperti bahan baku, bahan penolong, peralatan produksi, teknologi, pemasaran dan permodalan sedangkan yang kedua ada strategi garansi terhadap produk UMKM.

Saat ini katanya, jumlah UMKM di Provinsi Riau ini mencapai 263.000 unit. Dari jumlah tersebut sebagian juga terdampak pandemi covid-19, tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak terkait untuk memulihkan kembali sektor UMKM di Riau.

“Dengan terdampaknya sebagian unit UMKM di Provinsi Riau ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk memulihkan kembali sebagian sektor UMKM di Provinsi Riau,” ungkapnya dilansir dari Antara, Minggu (26/9/2021).

Pemprov setempat juga menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Riau, untuk meningkatkan keberhasilan perekonomian dan juga membangun serta memulihkan peran UMKM di Riau.

Ia membahkan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Riau, Pemrov Riau juga menggulirkan bantuan dari APBD Riau sebanyak Rp 24,99 miliar kepada Pelaku Usaha Mikro. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.