Banjir Bandang Terjang Empat Desa di Tanggamus, Pemkab Segera Buat Dapur Umum

oleh -

Tanggamus – Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus yang juga sekaligus Kepala BPBD Hamid Heriansyah Lubis meninjau banjir di Pekon atau Desa Way liwok, Pekon Sinar Saudara, Kecamatan Wonosobo.

Luapan air Sungai Way Liwok membanjiri sedikitnya empat pekon di Kabupaten Tanggamus. Peristiwa itu terjadi setelah hujan mengguyur daerah tersebut semalaman.

Air setinggi lebih kurang setengah meter menerobos rumah-rumah warga. Bahkan meluap menggenangi ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Pekon Bandar Kejadian sampai dengan Pekon Sinar Saudara, Selasa (21/9/2021).

Hujan deras mulai mengguyur sebagian wilayah Tanggamus mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB, Senin malam kemarin.

Belum ada keterangan resmi terkait korban jiwa dan kerugian materil dari bencana ini.

“Masih didata baik rusak berat mau pun rusak ringan. Seperti sektor pertanian, berapa luas lahan yang terdampak, serta berbagai hal lainnya,” kata Hamid.

Penanganan jangka panjang, lanjut Hamid, dengan mengajukan usulan perbaikan aliran sungai ke Pemprov Lampung dan pusat.

“Pemkab Tanggamus pagi ini akan segera mendirikan dapur umum untuk membantu para korban yang terdampak banjir, serta membuka posko kesehatan di Pekon Way Liwok,” tegas Hamid lagi.

Setelah itu menurunkan mobil damkar untuk menyemprot dan membersihkan lumpur di pondok pesantren dan sekolah yang terdampak, serta jalan-jalan desa.

Pemerintah, janji Hamid, juga akan membantu mengganti buku-buku sekolah yang basah atau rusak.

“Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bantu buku, lalu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan memeriksa surat-surat administrasi dan kependudukan warga, yang hilang akibat terbawa banjir bandang,” papar Hamid lagi.

Ia juga meminta kepada semua relawan baik BPBD, Basarnas, Uspika Kecamatan dan relawan lainnya, untuk membantu membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak banjir bandang.

“Saya minta kepala pekon dan jajaran mendata warganya yang terdampak banjir. Saya imbau masyarakat selalu waspada adanya banjir susul. Kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga cobaan ini cukup sampai disini,” tutup Hamid

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.