Politisi Nasdemi Ungkap Over Kapasitas Lapas Harus Diatasi Serius

oleh -3 Dilihat
eva yuliana
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana. FOTO: dpr.go.id

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana beranggapan masalah over capacity di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi persoalan serius dan mendesak untuk diatasi.

Dia mengungkapkan, setiap rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan HAM selalu disinggung permasalahan lapas.

Menurutnya kelebihan kapasitas di lapas tidak bisa diatasi dengan sekali langkah saja, akan melibatkan para pemangku kepentingan yang berwenang.

“Masalah klasik over crowded ini menjadi permasalahan yang sangat komplek. Kita akan mencari jalan keluar masalah overĀ kapasitas ini,” ungkap Eva dilansir dari dpr.go.id, Senin (13/9/2021).

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas peristiwa kebakaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang (Lapas Tangerang), Banten. Sampai dengan Sabtu (11/9/2021) jumlah total napi yang meninggal akibat kebakaran tersebut menjadi 45 orang.

Politisi dari Fraksi Partai NasDem ini pun turut berbelasungkawa atas kejadian tersebut.

“Turut berdukan kepada warga binaan para korban kebakaran Lapas Tenggerang,” ujar Eva.

Insiden kebakaran pada Rabu, 8 September 2021 dini hari lalu itu, mengungkap fakta bahwa terjadi over kapasitas sampai 400 persen di Lapas tersebut, dan menelan banyak korban jiwa.

Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan bahwa cara efektif untuk menangani masalah overkapasitas, adalah dengan revisi Undang-Undang Narkotika.

Pasalnya, 50 persen penghuni Lapas merupakan narapidana narkotika.

Eva mengungkapkan rapat khusus masalah lapas akan dibahas setelah ada penjadwalan dari Pimpinan Komisi III, Menkumham dengan Pimpinan DPR RI. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.